Selasa 16 Juli 2019
Ats-tsulatsa 13 Dzulka'dah 1440

Berita

Zulkarnain Umar : Memperbaiki Layanan Terhadap Masyarakat Menuju Pelayanan Prima

21-03-2019


* Kakankemenag Batam memberikan materi dalam bimtek prakom wilayah barat

Batam Center (Inmas-Batam )- Pranata Komputer harus mampu membiasakan diri menggunakan teknologi informasi untuk meringankan, membantu sekaligus memerbaiki layanan terhadap masyarakat di Kementerian Agama. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Batam H. Zulkarnain Umar dalam paparan materinya memperbaiki layanan terhadap masyarakat menuju pelayanan prima di hadapan puluhan peserta Bimbingan Teknis Pranata  Komputer wilayah barat di Sahid Batam Center Hotel Batam, Rabu (20/3).

Dikatakannya, Pranata Komputer berada di garis depan dalam membenahi layanan kepada masyarakat, utamanya yang berbasis pada teknologi informasi dalam dinamika tata kelola yang tengah dibenahi sekaligus dalam bingkai reformasi dan birokrasi sekarang.

Kementerian Agama Kota Batam dalam hal layanan telah memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). PTSP ini tidak lepas dari peran pranata komputer. "Mereka telah membantu meringankan kerja dalam memperbaiki layanan terhadap masyarakat," ujarnya.

Ada 18 pelayanan  yang tersedia di PTSP Kemenag Batam yakni pelayanan registrasi majlis ta’lim, setifikat arah kiblat,pendaftaran nikah online, surat keterangan penyesuaian data nikah, surat keteranga masjid terdaftar, rekomendasi izin belajar luar negeeri, rekomendasi izin belajar dalam negeri, keterangan pindah rayon ponpes, keterangan pindah rayon madrasah, rekomendasi pendaftaran yayasan keagamaan Buddha, rekomendasi pembukaan rekening lembaga/yayasan, persyaratan pendirian dan pengesahan Travel Umroh, percepatan penggabungan keberangkatan haji, tunda keberangkatan haji, mutasi keberangkatan haji, pembatalan haji, pendaftaran haji, dan rekomendasi passport.

(bad70/yd).
 

149

Berita Terkait