Selasa 12 November 2019
Ats-tsulatsa 14 Rabiul Awal 1441

Berita

Wujudkan Sekolah Ramah Anak, MTs USB Filial MTsN 1 Batam Gelar Belajar di Luar Kelas

07-11-2019


* sehari belajar di luar kelas

Sagulung (Inmas-Batam)- Dalam  rangka mewujudkan sekolah ramah anak, Madrasah Tsanawiyah Unit Sekolah Baru (MTs USB) Filial MTs N 1 Batam yang beralamat di Sagulung Batam menggelar kegiatan sehari belajar di luar kelas, Kamis (7/11). Pelaksanaan sehari belajar diluar kelas ini dimulai dari pukul 7.00 wib pagi sampai pukul 10.00 wib.

Kepala Madrasah MTs USB Filial MTsN 1 Batam Sumiarsih menjelaskan ada beberapa rangkaian acara dalam kegiatan sehari belajar di luar kelas. Pertama kita awali dengan 3 S (senyum, sapa dan salam), kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza, yel yel ramah anak dan  tepuk hak anak.

Selanjutnya ada  gerakan siaga bencana dalam gerak dan nada, deklarasi forum anak, pelantikan pengurus forum anak dan  ada senam gerakan masyarakat sehat (germas).
Usai dilanjutkan lagi dengan cuci tangan bersama, makan bersama , cuci tangan setelah makan, bersih bersih lingkungaan, gerakan hemat energy dan terakhir menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.

Kegiatan sehari belajar diluar kelas ini  bertujuan untuk menyenangkan semua anak. “Biar anak anak bisa betah di sekolah, anak anak merasa senang belajar disekolah, belajar dengan baik tanpa ada kekerasan atau hal hal yang  membuat mereka merasa tidak nyaman,” ujar Sumiarsih.

Kepala Kantor Kemenag Batam H. Zulkarnain Umar yang hadir di MTs USB Filial MTsN 1 dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan  madrasah  dalam mewujudkan sekolah ramah anak.

Menurutnya  sekolah ramah anak itu minimal memiliki 3 ciri. Pertama disekolah itu nol kekerasan. Tidak  adanya kekerasan yang terjadi di sekolah itu.

Kedua,  sekolah ramah anak itu memiliki jiwa sosial yang  tinggi baik itu bersama guru, bersama teman teman dan selalu menjalin ukhuwah kebersamaan.  Ketiga, sekolah ramah anak itu mengajarkan kemauan yang tinggi berprestasi, ramah dan bersih.

“Mudah mudahan kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan,” harapnya.

(bad70/yd)
 

18

Berita Terkait