Selasa 07 Juli 2020

Berita

Unit Organisasi Setjen dan Bimas Kristen Satker Kemenag Bintan Terima Piagam Penghargaan Sebagai 10 Besar Satker Tercepat dan Akurat

18-05-2020


* Unit Organisasi Setjen dan Bimas Kristen Satker Kemenag Bintan Terima Piagam Penghargaan Sebagai 10 Besar Satker Tercepat dan Akurat

(Kemenag Bintan) – Kantor Pelayanan & Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpinang mengeluarkan daftar 10 Satuan Kerja (Satker) tercepat yang melaporkan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara Pengeluaran untuk periode tahun 2019 dan triwulan I tahun 2020 pada Kamis (14/05/2020). Ialah Unit Organisasi Sekretariat Jenderal (Sekjen) Satuan Kerja Kantor (Satker) Kementerian Agama Kabupaten Bintan (418182) mendapatkan 2 piagam penghargaan, pertama sebagai peringkat ke- 10 dari 219 (dua ratus sembilan belas) Satker yang menyampaikan LPJ secara akurat dan tepat waktu periode tahun 2019, kedua sebagai sebagai peringkat ke- 8 dari 207 (dua ratus tujuh) Satker periode triwulan I tahun 2020. Selain itu, Unit Organisasi Bimas Kristen Kantor Kemenag Bintan (418185) mendapatkan peringkat ke- 7 dari 207 Satker untuk periode yang sama yaitu triwulan I tahun 2020.

1 buah piagam penghargaan periode tahun 2019 ditanda tangani pada tanggal 12 Februari 2020, sedangkan 2 buah piagam penghargaan periode triwulan I tahun 2020 ditanda tangani pada tanggal 15 April 2020, ketiga piagam tersebut baru diterima oleh Kantor Kemeang Bintan pada bulan Mei 2020.

Dalam keterangannya, Bendahara Setjen yang juga bertanggungjawab atas keuangan Bimas Kristen Kantor Kemenag Bintan; Siti Sundari, SE.M.AB mengatakan bahwa ia memang memiliki komitmen untuk menjadi pelapor LPJ tercepat dan akurat setelah mengikuti acara seremonial KPPN pada akhir tahun 2018 silam, yang mana pada saat itu setiap peserta diminta untuk melepas balon yang ditempelkan kertas resolusi masing-masing. Iapun kemudian berbagi tips bagaimana agar dapat melaporkan LPJ secara cepat dan akurat.

“Beberapa tips yang dapat saya bagi kepada Bendahara lain agar dapat melaporkan LPJ secara cepat dan akurat adalah, pertama komitmen bersama dalam kerja tim mula idari pengelola keuangan yaitu KPA, PPK, PPSPM, dan pengelola keuangan sampai pada pihak ke 3. Kedua, hal apa saja yang mau dicairkan agar segera  ditanyakan kapan target pekerjaan tersebut selesai beserta dokumen keuangannya. Ketiga, semua hal yang berkaitan dengan pelaporan keuangan segera dikerjakan tanpa menunda-nunda waktu. Keempat, apabila tidak ada lagi pencairan segera buat laporan tutup buku tanpa menunggu muncul bulan baru. Kelima, segera kirim laporan via aplikasi online yang telah disediakan dari Kemenkeu yaitu aplikasi Digit Sprint. Keenam, cintai pekerjaan kita walaupun banyak rintangan” Papar Sundari.

“Selain itu peran suami juga turut mendukung keberhasilan ini, karena bekerja di bagian keuangan maka tidak cukup hanya menggunakan jam kerja sehingga sering kerja lembur. Skill kita juga harus selalu diasah agar tidak tergerus dengan kecanggihan teknologi dan cobalah selalu merasa tidak pintar sehingga memotivasi untuk terus belajar.” Tambah Sundari.

“Piagam penghargaan ini adalah piagam ke 3 yang diterima oleh Kantor Kemenag Bintan sejak diberlakukan pengiriman LPJ softcopy secara mandiri dan online pada tahun 2018 lalu, sebelumnya LPJ softcopy dan hardcopy diantarkan langsung ke KPPN Tanjungpinang.” Tambahnya lagi.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Kemenag Bintan, Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd, mengapresiasi kepada Sundari selaku Bendahara Setjen dan Bimas Kristen atas pencapaian di bidang pengelolaan keuangan dalam mengawali tahun 2020 ini. Ia berharap kepada seluruh Bendahara lainnya yang ada di Kantor Kemenag Bintan untuk terus berpacu dan berupaya agar bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai Bendahara secara akurat dan tepat waktu, sehingga Kantor Kemenag Bintan dapat semakin baik dalam pelaporan pertanggungjawaban keuangan Negara yang diamanahkan kepada Kantor Kemenag Bintan.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Kantor Kemenag Bintan untuk terus berbenah diri berkarya dan Berjaya, merenda hari agar hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.” Ucap Erman.

Untuk diketahui, Satker Kantor Kemenag Bintan memiliki 6 Unit Organisasi pengelolaan DIPA yakni Sekretariat Jenderal/Setjen (418182), Bimas Islam (418183), Pendidikan Islam (418184), Bimas Kristen (418185), Bimas Budha (418186), dan Penyelenggara Haji & Umroh (418187). Pelaporan LPJ tersebut diberikan dalam dua bentuk yaitu softcopy dan hardcopy, tenggat waktu melaporkan LPJ adalah setiap tanggal 10 bulan berikutnya. Softcopy LPJ dikirimkan secara mandiri dan online melalui situs web sprint.kemenkeu.go.id. Sedangkan LPJ bentuk hardcopy dikirimkan langsung ke Kantor KPPN terkait sebagai bukti fisik dan bahan untuk mengecek dan membandingkan dua data yang terdapat di LPJ softcopy dan hardcopy. (amilia)
 

184

Berita Terkait