Sabtu 19 Oktober 2019
As-Sabt 19 Syafar 1441

Berita

Ujian Pakai HP, MA Al Barakah Ikut Tren Teknologi Informasi

13-06-2019


* MA Al Barakah Ujian Pakai HP berbasis Android

(Kemenag Lingga)-- Memasuki zaman yang semakin canggih dan mendukung program paperless, MA Al Barakah Singkep menggelar Ujian Akhir Sekolah menggunakan HP berbasis Android.

Ini bukan hal baru untuk sekolah di wilayah Pulau Jawa, tapi di Lingga mungkin baru pertama kali.

Menurut Hazmi Jaya, Kepala MA Al Barakah Singkep mengatakan madrasah kekurangan laptop. "Untuk menyiasati keterbatasan jumlah laptop, sengaja kita gunakan teknologi android. Artinya siswa menggunakan HP mereka masing-masing untuk mengerjakan ujian,"terangnya,Kamis(13/6) melalui WA pribadinya menghubungi awak media www.kepri.kemenag.go.id

"Prinsipnya ujian bisa terselenggara dengan lancar. Sekaligus melatih kesiapan para siswa dalam menghadapi dan menguasai teknologi,"tambahnya lagi.

Katanya lagi, disisi lain menghemat kertas (paperless) dan memudahkan dalam pemeriksaan hasil ujian siswa.

"Semoga tahun depan kita dapat bantuan perangkat tambahan laptop dan PC untuk server. Agar semuanya bisa teratasi dan berjalan dengan sempurna,"papar Hazmi.

"Tentu hasil perolehan ujian bisa diketahui lebih cepat. Siswa akan bersaing secara sehat dan tidak sempat buka apa-apa, mereka fokus mengerjakan soal karena dibatasi waktu,"ungkap Darwis sang proktor yang bertanggungjawab tentang kelancaran ujian.

"Kita ujian memang lebih awal dari SMA sederajat karena mata pelajaran kita lebih banyak. Berdasarkan pantauan hari pertama ujian, pelaksanaan ujian tidak mengalami kendala berarti,"tutur Darwis.

Sebanyak 76 orang siswa yang ikut ujian kelihatan sangat antusias dengan model ujian berbasis android menggunakan HP. (zaid)

321

Berita Terkait