Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

UABN MDTA Se-Kota Tanjungpinang Dilaksanakan Serentak

07-05-2019


* UABN MDTA Se-Kota Tanjungpinang Dilaksanakan Serentak

Kemenag TPI (INMAS) Penyelenggaraan Ujian Akhir Bersama Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (UABN MDTA) Tahun Pelajaran 2018/2019, dilaksanakan secara serentak di Kota Tanjungpinang yang di pusatkan di MDTA. Islamiyah Kecamatan Tanjungpinang Barat Kota Tanjungpinag.  Senin (29/4).

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Pendidikan Islam Kankemenag Kota Tanjungpinang Fajri Mubarak, SH.I dalam sambutannya dan sekaligus membuka pelaksanaan UABN MDTA tersebut.

UABN MDTA dilaksanakan selama 4 hari dan dilanjutkan dengan Ujian Munaqosah/lisan, yaitu tanggal 29 April s/d 03  Mei 2019. Mata Pelajaran yang diujikan dalam UABN MDT ada 7 Mata Pelajaran, yaitu Al-Qur`an, Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, Aqidah, Akhlak dan Tarikh.

Fajri dengan bangga mengatakan MDTA adalah wajah masa depan Islam Indonesia. Keragaman kultur, budaya, bahasa dan dinamika keagamaan telah menjadikan Islam Indonesia menjadi agama yang moderat, terbuka, toleran dan damai. ucapnya

UABN MDTA ini bertujuan untuk mengukur kualitas produk lulusan MDT dengan baik. Selain itu untuk menumbuhkan semangat dan kesadaran bersama antar santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah  secara nasional tegas Fajri. “Pemerintah selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada guru-guru TPQ/MDA dengan memberikan pembinaan dan bantuan berupa honor baik dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat” ucap Kasi Pendis

Adapun Data  peserta pelaksanaan  UABN MDTA. Se- Kota Tanjungpinang TP. 2018/2019 dengan rincian sebagai berikut :

  1. MDTA. Ar-Rahman dengan jumlah Santri 11
  2. MDTA. Al- Ikhlas dengan jumlah Santri 4
  3. MDTA. Al- Azhar dengan jumlah santri 4
  4. MDTA. At-Taqwa dengan jumlah santri 11
  5. MDTA.  Islamiyah dengan jumlah Santri 4, dan
  6. MDTA. As-Shobirin dengan jumlah Santri 2
Dengan jumlah : 36 Santri.

Diakhir sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yakni FKDT dan Seluruh Kepala MDTA serta Ustadz dan ustadzah yang sudah menyambut baik dalam penyelenggaraan UABN MDTA sekarang.

Turut hadir dalam pelaksanaan UABN MDTA Se- Kota Tanjungpinang adalah H. Jangga Hasibuan, S.Ag. Kepalas Seksi Pendidikan Diniyah dan Al-Qur`an Kanwil Kemenag Prov. Kepri beserta Staf, Ketua DPC-FKDT Se- Kota Tanjungpinang Muhyiddin, S.Pd.I berserta pengurus dan Panitia UABN MDTA. (fm/dari berbagai sumber)
 

59

Berita Terkait