Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

Tips Jadi Guru Profesional, Kuasai 4 Hal Ini

11-06-2019


* H.M.Nasir,S.Ag, M.H, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lingga

(Kemenag Lingga)-- Di hadapan CPNS yang baru khususnya tenaga guru, Kepala Kemenag Lingga menitipkan harapan kemajuan pendidikan di Bumi Bunda Tanah Melayu.

"Mari kita majukan pendidikan di madrasah kita. Tantangan pendidikan kedepan sangat berat. Saudara semua dituntut bukan hanya mengajar tapi juga mendidik,"kata H.M.Nasir,S.Ag,MH, Senin(10/6).

Ia mengingatkan tentang beberapa hal yang harus menjadi perhatian para tenaga pendidik. 

Pertama, perbanyak literatur. Guru harus memiliki banyak literatur. "Tidak cukup buku pegangan yang ada di sekolah saja. Tapi harus mencari dan menambah sumber buku lainnya. Sehingga nanti akan menambah pengetahuan dan memperkaya ilmu yang sudah ada,"pesannya.

Semakin banyak literatur yang dimiliki, maka akan semakin banyak bahan pembanding.

Kedua, kuasai metodologi. Ada banyak metodologi dalam memberikan materi dan tindakan di kelas. "Pelajari dan pahami metode dalam mendidik yang baik. Sajikan materi dengan teknik yang menyenangkan sehingga siswa merasa nyaman dan mudah menerima pelajaran,"tambahnya lagi.

Ketiga, kuasai teknologi. Hati-hati dengan teknologi, ia bisa memudahkan dan bisa menjerumuskan. "Tergantung kita memandang dan memanfaatkannya. Kita yang harus mengendalikannya dan jangan sampai kita yang dikendalikan teknologi,"ungkap Kepala Kemenag Lingga.

"Gunakan perangkat teknologi yang ada sebagai alat bantu untuk menyelesaikan pekerjaan. Buat WA Grup antara orang tua murid dan guru sehingga terbangun komunikasi. Saling memberikan informasi terkait perkembangan peserta didik. Guru menyampaikan hasil pantauan siswa selama di sekolah, sedangkan orang tua melaporkan aktivitas anaknya di rumah kepada guru melalui saluran teknologi WA Grup tadi,"jelasnya.

Melalui teknologi akan terbangun komunikasi dua arah dan saling pantau antara orang tua murid dan guru di sekolah. 

Terpenting katanya lagi, adalah yang keempat, yaitu guru harus mengamalkan ilmu yang diajarkannya.

Memahami dan menguasai keempat hal di atas dapat dipastikan rekan guru akan menjadi guru profesional di era milenial dalam pembentukan akhlak dan moral anak bangsa. Guru akan menjadi inspirator bagi rekan ASN lainnya. Semoga akan lahir guru-guru hebat dari Madrasah. (zaid)

50

Berita Terkait