Minggu 17 Januari 2021

Berita

Tim Itjen Kemenag RI Lakukan Audit Kinerja 2.0 di Kemenag Karimun

11-11-2020


* Tim Itjen Kemenag RI Lakukan Audit Kinerja 2.0 di Kemenag Karimun

Karimun (Inmas) – Tim Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI hari ini, Rabu (11/11/2020) tiba di Kantor Kemenag Kabupaten Karimun dalam rangka melaksanakan Audit Kinerja 2.0 Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Tahun Anggaran 2019 pada Kantor Kemenag Kabupaten Karimun.
 

Tim Itjen Kemenag RI yang tiba terdiri 6 orang auditor yakni Opi Rofiuddin sebagai Pengendali Teknis, Arif Rosyadi sebagai Ketua Tim, dan Zulkarnaen, Aris Yudianto, Arif Winandar dan Bambang Sulistiyo sebagai anggota tim.

 

Opi Rofiuddin mewakili Tim Audit dalam pemaparannya menyampaikan bahwa kedatangan mereka adalah dalam rangka Audit Kinerja versi 2.o yang berbasis tugas dan fungsi.

 

“Sebelumnya Tim Itjen sudah pernah datang ke Kemenag Karimun tapi masih versi 1.0, yakni berbasis anggaran, yang sekarang versi 2.0 lebih komplit dan lengkap karena auditor akan melihat catatan-catatan dan dokumen bapak ibu mulai dari pimpinan sampai kepada satpam, termasuk ke Kepala KUA. Nanti auditor pak zul dan pak haris akan melakukan wawancara, bagaimana pelaksanaan tugas dan fungsi di tahun 2019, apakah sudah dilaksanakan, sudah direncanakan, sudah ada dalam renstra, dalam renja, ada laporan keuangannya, ada laporan kegiatannya dan lainnya.” Kata Opi Rofiuddin.

 

Adapun dasar pelaksanaan Audit Kinerja ini, masih menurut penjelasan Opi Rofiuddin adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peraturan Menteri Agama Nomor 41 Tahun 2016 tentang Pengawasan Internal pada Kementerian Agama, dimana audit kinerja ini meliputi pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah yang terdiri atas aspek kehematan, efisiensi, dan efektivitas.

 

“Adapun tujuan dari Audit Kinerja 2.0 ini adalah untuk mendapatkan keyakinan yang memadai terhadap kinerja satuan kerja yang meliputi audit atas aspek kehematan (ekonomis), efisiensi, dan efektivitas (3E), memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional satuan kerja dan memberikan peringatan dini atas kinerja dan pencapaian sasaran dan atau tujuan yang telah direncanakan satuan kerja.” Tambah Opi Rofiuddin.

 

Sementara itu, Ka. Kankemenag Kabupaten Karimun H. Jamzuri dalam sambutannya meminta kepada Tim Audit bisa memberikan bimbingan sehingga kedepannya Kantor Kemenag Kabupaten Karimun bisa menjadi lebih baik.

 

“Kita dengan keterbatasan SDM yang ada sudah berusaha semaksimal mungkin dalam pelaksanaan tugas dan fungsi tapi tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahan disana sini, untuk itu kami berharap kepada Tim Itjen dapat memberikan saran, masukan dan bimbingan kepada kami sehingga kedepannya bisa menjadi lebih baik.” Kata H. Jamzuri.

85

Berita Terkait