Minggu 22 September 2019
Al-Ahad 22 Muharram 1441

Berita

Tim Humas Kanwil Kemenag Kepri Lakukan Sosialisasi Dan Konsolidasi di Bintan

09-08-2019


* Tim Humas Kanwil Kemenag Kepri Lakukan Sosialisasi Dan Konsolidasi di Bintan

Bintan (Inmas)-Tim Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Riau yang terdiri dari Kabag Tata Usaha H. Abu Sufyan, S.Ag, Kasubbag Inmas Syahbud, S.Kom dan pranata humas ahli muda, Hatiman melakukan sosialisasi dan konsolidasi kehumasan di lingkungan Kantor Kemenag Bintan, Jumat (09/08/2019). Hadir dalam kegiatan sosialisasi antara lain Kasubbag Tata Usaha Kemenag Bintan, H. Syafrizal dan seluruh pelaksana humas di lingkungan Kemenag Bintan, madrasah dan KUA se Bintan.

Dalam sambutannya Kasubbag Tata Usaha Kemenag Bintan H. Syafrizal mengatakan humas merupakan piranti manusia yang penting dalam sebuah organisasi terlebih instansi pemerintah. Menurutnya Kementerian Agama sebagai instansi pemerintah menaruh perhatian yang besar dalam tata kelola humas. “Humas berkewajiban membangun komunikasi yang positif antara komunike dan komunikan, dimana informasi yang disampaikan adalah informasi yang menghasilkan singkronisasi yang positif,” katanya.

Senada, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan dalam arahannya mengatakan agar informasi yang disampaikan ke masyarakat haruslah informasi yang membawa kemanfaatan, terutama dalam memberikan arah yang benar ditengah booming informasi yang menyesatkan seperti hoax, fitnah, dan adu domba.

“Humas memberikan counter yang arif dan menjadi petugas yang meluruskan informasi yang simpang siur,” ucap Abu Sufyan menjelaskan.

Abu mengingatkan agar humas mengedepankan kekuatan dan kecepatan internet sebagai media komunikasi di era digital. Untuk itu pihaknya meminta semua satuan kerja Kemenag untuk saling terhubung. “Jika kita saling terhubung maka akan semakin solid. Selama ini saya nilai masih berjalan sendiri-sendiri. Masih belum maksimal dalam ekspose berita,” ujarnya.

Padahal menurutnya informasi kinerja yang dicapai oleh organisasi akan menginspirasi satuan kerja yang lain untuk melakukan hal yang sama. “Saya minta kita bisa berbagi informasi untuk kebaikan, karena jaringan memperkuat kelembagaan dan ingat humas adalah wajah Kemenag,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Kepri, Syahbudi menjelaskan pada prinsipnya setiap ASN Kemenag adalah humas Kemenag. Dengan demikian setiap ASN Kemenag adalah lidah pemerintah yang menyampaikan informasi keagamaan kepada masyarakat. “Tentunya setiap informasi yang disampaikan dengan tata cara yang baik,” tegas Syahbudi.

Syahbudi menjelaskan Inmas Kemenag Kepri setidaknya mengelola beberapa komponen yang menjadi tupoksinya, antara lain tata kelola data, jaringan dan informasi. Data yang terhimpun menurutnya akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan. “Saya melakukan inventarisir tata kelola data, beberapa kelemahannya adalah belum ada standar pengelolaan data. Kita masih menggunakan beragam metodologi dalam menghimpun data sehingga terkesan tumpang tindih. Akibatnya perencanaan sulit mengambil data acuan yang resikonya pimpinan salah dalam mengambil keputusan”, terangnya.

Diakhir penjelasannya Syahbudi mengatakan perlunya ASN Kemenag memanfaatkan kecanggihan media sosial sebagai sarana dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. (hatiman)

 

61

Berita Terkait