Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

Tim Hisab Rukyat Propinsi Kepri Selenggarakan Rukyatul Hilal di Bukit Cermin

03-06-2019


* Tim Hisab Rukyat Propinsi Kepri Selenggarakan Rukyatul Hilal di Bukit Cermin

Tanjungpinang (Inmas)- Tim Hisab Rukyat Propinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan rukyatul hilal awal bulan Syawal 1440 H. Kegiatan diselenggarakan di Café Puncak, Bukit Cermin, Senin (3/6/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Kepri yang diwakili Kabag Tata Usaha H. Abu Sufyan, Kabid Bimas Islam Kemenag Kepri H. Edi Batara, Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang, Ketua STAIN SAR Kepri, Kepala Kemenag Kabupaten Bintan, perwakilan Tim Hisab Rukyat Kemenag Tanjungpinang dan Bintan, perwakilan PA Tanjungpinang, perwakilan BMKG Tanjungpinang, perwakilan ormas Islam seperti Muhammadiyah dan NU, undangan dan media.

Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri, H. Edi Batara mengatakan untuk awal bulan Syawal 1440 H ijtima’ terjadi pada Senin tanggal 3 Juni 2019 pada pukul 17.02.40 WIB dengan arah hilal miring ke utara.

“Ketinggian hilal berdasarkan data astronomi memang masih minus. Yakni pada -00”00’48’ dengan arah azimuth matahari 292⁰19⁰29⁰. Sementara itu arah azimuth bulan 289⁰25⁰58⁰. Cahaya hilal juga sangat lemah hanya 0,07%. Pada hari ini matahari akan tenggelam pukul 18.05.11 WIB dan bulan terbenam pada pukul 18.04.24 WIB,” kata Edi Batara.

“Dengan data-data itu mustahil hilal akan terlihat di Tanjungpinang, namun kita tetap melaksanakan kegiatan rukyat ini sebagai tupoksi kita sebagai Tim Hisab Rukyat yang diberi tanggung jawab untuk membantu pemerintah dalam mengumpulkan data dukung pelaksanaan sidang isbath,” tambah Edi Batara.

Senada, perwakilan BMKG Propinsi Kepri, Wira juga memastikan hilal tidak akan tampak pada sore ini. “Apalagi cuaca di Tanjungpinang mendung dan hujan. Berdasarkan pengamatan citra satelit pada Senin 3 Juni 2019 pukul 15.20 WIB terpantau terdapat banyak pumpunan awan di sekitar wilayah Pulau Bintan terutama Tanjungpinang. Kondisi cuaca saat ini dimana rukyatul hilal sedang berlangsung sesuai perkiraan kami akan berawan banyak serta berpotensi terjadi hujan ringan seperti yang sedang terjadi,” jelas Wira.

Sementara itu Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kepri H. Abu Sufyan mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan Tim Hisab Rukyat Propinsi Kepulauan Riau, Bintan dan Tanjungpinang yang sudah berupaya untuk memadukan data. Ini bentuk koordinasi yang baik. Soal hilal tidak tampak memang hilal masih minus dan hujan berawan. Apapun kewajiban kita menyajikan data yang ada di lapangan untuk kepentingan sidang isbath secara nasional,” ujar Abu Sufyan.

“Apapun hasilnya saya minta agar data segera disampaikan kepada Tim di Kemenag Pusat sebagai informasi untuk mereka yang sedang melakukan sidang isbath yang dipimpin oleh Menteri Agama. Apapun hasil sidang isbath pusat kita ikuti dan kita berharap tidak ada perbedaan yang mendasar dengan ormas-ormas Islam yang lain,” ucapnya.

“Karena berdasarkan informasi yang disampaikan kepada kami bahwa kemungkinan pelaksanaan Idul Fitri hingga tahun 2023 mendatang akan tetap sama dengan beberapa ormas Islam di Indonesia. Untuk itu kami keluarga besar Kanwil Kemenag Kepri mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1440 H, semoga dosa kita diampuni sebagai bayi yang baru lahir,” pungkas Abu Sufyan. (hatiman)

77

Berita Terkait