Minggu 20 Juni 2021

Berita

Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Rukyatul Hilal Awal Syawal di Bukit Cermin

11-05-2021


* Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Kepri Selenggarakan Rukyatul Hilal Awal Syawal di Bukit Cermin

Tanjungpinang (Humas)_Tim Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan rukyatul hilal awal Syawal 1442 H di Bukit Cermin Tanjungpinang, Selasa, 11 Mei 2021. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Kepri, Plt. Kepala Kemenag Tanjungpinang, Kepala Kemenag Bintan, perwakilan BMKG Tanjungpinang, perwakilan ormas Islam, perwakilan STAIN SAR Kepri, anggota tim hisab rukyat dan undangan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Dalam sambutannya, perwakilan BMKG Tanjungpinang Robby Akbar Anugerah mengatakan pada hari ini posisi bulan terletak pada 104 bujur timur, 55 lintang utara, waktu terbenam matahari 18.03 WIB dan waktu terbenam bulan pada pukul 17.46 WIB. 

"Ketinggian bulan pada hari ini -4 derajat. Data hampir tidak ada perbedaan. Sementara besok ketinggian bulan sudah +5 derajat. Cuaca hari ini berawan bahkan ada peluang hujan pada malam hingga esok hari. Dan ada obyek astronomis lainnya yang cukup mengganggu pengamatan, misalnya planet Venus," kata Robby menjelaskan. 

Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Kepri, Muhammad Hasbi mengatakan meskipun data menunjukkan bulan minus, namun rukyat penting dilakukan untuk memberikan data utama pada sidang isbath di Kementerian Agama.

"Ijtimak terjadi pada dini hari nanti. Garis ketinggian di daerah Indonesia rata rata -4 pada sore hari ini. Kondisi hilal hari ini di bawah ufuk dan posisinya terlungkup. Berbeda dengan kondisi besok bulan akan berposisi terlentang", ujar Hasbi. 

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. H. Mahbub Daryanto dalam arahannya mengatakan rukyatul hilal bukan hanya sebagai amanah tetapi juga untuk melaksanakan sunnah Nabi. 

"Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan stake holders dan tim yang terlibat. Cuaca di Kepri memang berbeda namun kita akan cari tempat yang bisa melihat laut lepas secara langsung. Kita sama-sama memulai Ramadan dan melaksanakan Idul Fitri secara bersama pula. Kondisi yang harus disyukuri," ucap Kakanwil. 

52

Berita Terkait