Selasa 18 Juni 2019
Ats-tsulatsa 14 Syawal 1440

Berita

Tim Bimas Kanwil Kemenag Kepri Tinjau KUA Teladan Tk. Kab. Lingga

17-05-2019


* Tim Bimas Kanwil Kemenag Kepri

Singkep, Lingga – Dalam rangka persiapan pelaksanaan KUA Teladan Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan pada pertengahan Juni mendatang di Tanjungpinang. Tim dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepualauan Riau khususnya Bidang Bimbingan Masyarakat Islam sebanyak tiga orang meninjau langsung ke KUA Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga. KUA Kecamatan Singkep dinyatakan lulus sebagai pemenang KUA Teladan Tingkat Kabupaten Lingga berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lingga Nomor 126 Tahun 2019.

Pada kesempatan ini Kasi Kepenghuluan dan KUA Kanwil Kementerian Agama menyampaikan bahwa dalam penilaian KUA Teladan ini fokus pada tiga hal penting yaitu layanan, inovasi dan fisik kantor. Hal ini tertuang pada juknis KUA Teladan Dirjen Bimas Islam Nomor 284 Tahun 2019 Tanggal 14 Maret 2019.

Penilaian didasarkan pada dua hal penting, yang pertama adalah tulisan. Tulisan ini berbentuk profil KUA yang bersangkutan dengan jumlah 6-10 lembar yang memuat sejarah kantor, bidata, prestasi, kegiatan-kegiatan yang menunjang layanan disertai dengan foto-foto pendukung. Kedua adalah video, yang berdurasi 6 menit dengan memuat tentang sekilas kantor, layanan dan sepatah kata dari Kepala KUA yang bersangkutan.

Penilaian utama yaitu pada video inovasi selama 3 menit yang akan digali betul oleh tim penguji. Dimana tim penguji dari Kementerian Agama Republik Indonesia akan menilai langsung ke lapangan. Pada saat itu layanan inovasi yang sudah didokumentasikan akan diliat langsung pelaksanaannya. “Maka dari itu mari terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat ” tambah Mustafa.

Menyambut hal ini Dolhaji sebagai KUA Teladan Tingkat Kabupaten Singkep menjelaskan bahwa sebagai yang terpilih pasti akan berusaha menyajikan inovasi yang akurat untuk pelayanan. Utamanya adalah pelayanan kepada masyarakat dengan peta wilayah kepulauan yang mempunyai banyak keterbatasan. Keterbatasan tempat, sarana dan prasarana, transportasi serta informasi. Namun dengan keterbatasan ini insyaallah saya akan berusaha berinovasi untuk layanan, sambungnya.

Diakhir pertemuan ini Mustafa menambahkan agar KUA Terpilih untuk membentuk tim kerja untuk mempersiapkan beberapa perlengkapan dalam penilaian tingkat Kanwil. Tim kerja ini nantinya yang akan membantu menyelesaiakan tugas-tugas tersebut, pungkas Mustafa. (Titik)

101

Berita Terkait