Jumat 06 Agustus 2021

Berita

Tekankan Pentingnya Moderasi Beragama, Kakanwil Buka Kegiatan Pembinaan FKUB dan Dialog Kerukunan

15-06-2021


* Tekankan Pentingnya Moderasi Beragama, Kakanwil Buka Kegiatan Pembinaan FKUB dan Dialog Kerukunan

Bintan (Humas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Pembinaan FKUB dan Dialog Kerukunan di De Bintan Villa, Senin (14/06/2021). Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd, Ketua MUI Kepri H. Bambang Maryono serta Ketua FKUB Kabupaten Bintan H. Samsir.

Dalam kesempatan ini Kakanwil Kemenag Kepri, H. Mahbub Daryanto menekankan pentingnya moderasi beragama ditengah kehidupan bermasyarakat agar kehidupan antar umat beragama tentram dan damai tanpa adanya gesekan antara satu dengan yang lain.

"Moderasi beragama dibutuhkan dalam toleransi, oleh sebab itu tokoh agama melalui FKUB mempunyai peran penting untuk membangun moderasi beragama ini, karena tokoh agamalah yang dekat dan disegani masyarakat diharapkan dapat menyampaikan moderasi beragama sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing," ujar Kakanwil.

Menurutnya, moderasi beragama sudah lama terbentuk bahkan jauh sebelum Indonesia Merdeka. Saat ini, sebagai penerus bangsa diharapkan mampu melanjutkan apa yang telah dibentuk oleh orang-orang terdahulu.

"Mulai dari Kerajaan Lingga, hingga Kerajaan Demak, semuanya rela melepaskan tahta kerajaan mereka demi membentuk NKRI yang mana didalamnya beraneka ragam agama, suku dan budaya, serta bahasa yang pada dasarnya mereka lakukan atas dasar moderasi " lanjut Kakanwil.

Sebelum menutup sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa sebagai abdi masyarakat hendaknya bersabar dalam mengemban tugas Negara, setiap kritik serta aspirasi masyarakat harus ditampung demi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis.

“Jika ada konflik segera diselesaikan di forum, tidak di ruang publik agar narasi yang sampai ke masyarakat benar-benar utuh dan tidak setengah-setengah. Untuk itu mari bersama-sama tabayyun dalam menyikapi segala permasalahan, agar tidak terjadi fitnah di tengah masyarakat" tutup Kakanwil.

Kegiatan yang berlangsung dengan protokol kesehatan ini, diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pengurus FKUB Kecamatan, FKUB Kabupaten serta tokoh agama.
​​​​​​

80

Berita Terkait