Minggu 20 Juni 2021

Berita

Tausiah 28 Ramadan 1442 H Di Kantor Kemenag Bintan Ajak Mensyukuri Nikmat Allah

11-05-2021


* Tausiah 28 Ramadan 1442 H Di Kantor Kemenag Bintan Ajak Mensyukuri Nikmat Allah

(Kemenag Bintan) – Senin (10/5/2021), tausiah rutin bakda zuhur selama Ramadan di hari ke- 28 ini diisi oleh PAI (Penyuluh Agama Islam) Kecamatan Toapaya, Ahmad Ramli. Sebelumnya, ia juga mengimami salat zuhur di Musala Al Muhajirin Kantor Kemenag Bintan.

Dalam tausiahnya, Ahmad Ramli mengangkat tema mensyukuri nikmat Allah. Pada saat itu, Ramli mengutip Q.S. Ibrahim: 7 yang berisi, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

“Apa bentuk azab Allah itu? Azab Allah atas perbuatan kita bisa saja langsung menimpa kita dalam bentuk kemalangan, dan bisa juga menimpa saudara kita di tempat lain. Untuk itu bersyukurlah atas nikmat Allah. Ibadah puasa  yang kita jalankan ini adalah salah satu syukur kepadaNya. Allah tidak pernah meminta sesuatu hal duniawi, Ia hanya meminta hambaNya untuk bersyukur dan beribadah kepadaNya,” papar Ramli.

Ramli mengajak Jemaah untuk memperbanyak zikir, tasbih, tahlil, dan tahmid, kepada Allah di penghujung Ramadan ini. Ia juga mengajak untuk melakukan muhasabah diri dengan mengingat kilasan balik kejadian, perbuatan, ucapan, yang dilakukan sampai saat ini. “Coba instropeksi, sadari dosa aja saja yang telah kita perbuat, lalu bertobatlah. Ramadan yang kita lalui ini sejatinya menjadikan kita pribadi yang lebih baik, dengan menyadari kesalahan masa lalu untuk tidak mengulangnya kembali, karena belum tentu kita dapat bertemu lagi dengan Ramadan yang akan datang,” ungkap Ramli.

Ramli mengemukakan bahwa Allah telah memberikan kesempatan kepada hambaNya untuk bersyukur dengan memberi kesempatan dipertemukan dengan Ramadan tahun ini. Ia menambahkan, jika Ramadan ini tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya maka alangkah ruginya, untuk itu diperlukan untuk saling mengingatkan, sebagaimana tujuan dari majelis tausiah setiap bakda zuhur Ramadan di Kantor Kemenag Bintan tersebut.

Terakhir, Ramli memperkenalkan dirinya dan tempat tinggalnya. Ia mengatakan bahwa dirinya di PAI Toapaya membidangi wakaf dan infak. Maka dari itu, dalam majelis tersebut ia menyempatkan diri mengingatkan kepada Jemaah untuk menyucikan harta dengan menyedekahkannya dalam bentuk wakaf, infak, dan zakat profesi.

Kemudian, Kasi (Kepala Seksi) Bimas Islam, Muhammad Hasbi, menyampaikan perihal zakat profesi. Dikatakannya, PNS sudah boleh melakukan zakat profesi jika pendapatan bruto dalam satu bulannya mencapai Rp6.644.000. Hasbi juga menerangkan terkait keputusan 1 Syawal 1442 H, menurutnya, hal tersebut akan dipastikan setelah pelaksanaan rukyatul hilal keesokan harinya. (amilia)


 

53

Berita Terkait