Selasa 07 Desember 2021

Berita

Sukses Terselenggara, Plt. Bupati Bintan Secara Resmi Tutup Kegiatan MTQ Santri dan Mualaf

15-10-2021


* Sukses Terselenggara, Plt. Bupati Bintan Secara Resmi Tutup Kegiatan MTQ Santri dan Mualaf

(Kemenag Bintan) – Kegiatan MTQ Santri TPQ, MDTA, Pondok Pesantren (Ponpes), dan Mualaf yang dipusatkan di Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bintan telah selesai. Kegiatan ditutup secara resmi oleh Plt. Bupati Bintan, Roby Kurniawan.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Bintan, Roby, mengucapkan selamat kepada para peserta yang berhasil meraih prestasi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat yaitu, LPTQ Bintan, Kantor Kemenag Bintan, beserta FKPQ dan pimpinan Pondok Pesantren se- Kabupaten Bintan yang telah menyukseskan penyelenggaraan kegiatan ini.

“Semoga prestasi yang didapatkan nantinya bisa bermanfaat bagi kita semua, menghasikan pemikiran mendalam tentang keagamaan dan kemaslahatan umat untuk Kabupaten Bintan yang lebih baik. Bintan yang madani, Bintan yang sejahtera dan gemilang,” ucap Plt. Bupati sebelum ia menutup kegiatan secara resmi di Panggung Seni Kreativitas dan Inovasi Kantor Kemenag Bintan, Kamis (14/10/21).

Pada saat itu, Plt. Bupati Bintan hadir dengan didampingi oleh Plt. Kabag Kesra Setda Bintan dan Plt. Kepala Bagian Protokol Setda Bintan. Turut hadir pula Plt. Kaban Kesbangpol Bintan, seluruh pimpinan Pondok Pesantren serta pendamping santri dari FKPQ kecamatan se- Kabupaten Bintan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bintan sekaligus Ketua LPTQ Bintan, H. Erman Zaruddin, menyampaikan pada MTQ kali ini kegiatan lebih menekankan pada MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an). Menurutnya, pada cabang ini sudah cukup lengkap karena ada pembaca tilawah, sari tilawah, dan pensyarah.

“Dari lomba yang dilakukan dari pagi hingga sore kemarin, dapat  dilihat bahwa kemampuan santri Ponpes pada cabang ini cukup mantap. Saya optimis Kafilah Bintan pada cabang Syarhil Qur’an bisa menjadi juara pada perhelatan MTQ selanjutnya,” ungkap Erman.

Erman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Ia berharap kegiatan pembinaan dalam bentuk lomba ini dapat terus berjalan secara berkelanjutan agar semangat mempelajari ilmu Al-Qur’an tidak pernah padam di Kabupaten Bintan.

“Alhamdulillah kegiatan terselenggara dengan baik dan lancar, terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan juga kepada peserta. Kegiatan ini adalah hasil kerja cepat, efektif, dan efisien, yang direncanakan dan dilaksanakan dalam waktu yang singkat namun penuh kesungguhan. Semoga umat Islam dan Kabupaten Bintan terus jaya,” tutup Erman.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan MoU (kesepakatan bersama) antara Kantor Kemenag Bintan dan Bank Riau Kepri. MoU tersebut tentang penggunaan QRIS Barcode oleh seluruh masjid se-Kabupaten Bintan yang pembuatannya dikoordinasi oleh KUA kecamatan.

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Plt. Bupati Bintan dan segenap hadirin. Pada saat yang sama Kakankemenag Bintan juga menyerahkan beberapa buku hasil karyanya sebagai cendera mata ke Plt. Bupati Bintan.


Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba MTQ Santri dan Mualaf yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan Hakim, M. Nasrullah. Disebutkannya, juara 1 MTQ Mualaf diraih oleh regu dari Kecamatan Seri Kuala Lobam, juara 1 MTQ Santri TPQ diraih oleh TPQ asal Kecamatan Bintan Timur, juara 1 MTQ Santri MDTA diraih oleh MDTA An Nur Kecamatan Toapaya, dan juara 1 MTQ Santri Ponpes diraih oleh santri Ponpes Darul Qur’an Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara.

Setelah penyerahan piala juara 1, 2, 3, masing-masing kategori lomba kepada para peserta, kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. 1443 H. Ceramah disampaikan oleh Ustaz Meidi, pimpinan Ponpes Hidayatullah. Inti dari ceramah tersebut adalah selawat kepada Rasulullah Saw. adalah bukti cinta dan keimanan hamba Allah dan tanggung jawab umat menjaga sekaligus mendakwahkan agama yang dibawa Rasulullah.

Pada penutupan MTQ Santri dan Mualaf tersebut, hadirin disuguhkan hiburan marawis dari santri Ponpes Madani Tebuireng Bintan XIV. Di akhir kegiatan, sang juara MTQ Santri dan Mualaf dari masing-masing kategori kembali menambilkan kebolehannya. (amilia)
 

84

Berita Terkait