Selasa 07 Desember 2021

Berita

Sinergi Sosialisasi Sehati Satgas Halal Kepri dan QRIS Bank Indonesia

21-10-2021


* Sinergi Sosialisasi Sehati Satgas Halal Kepri dan QRIS Bank Indonesia

Batam (Kemenag)---- Satgas Halal Kepri bersama Bank Indonesia Perwakilan Kepri menggelar kegiatan sosialisasi pembayaran melalui QRIS Bank Indonesia, Senin 18 Oktober 2021 bertempat di Aula Kemenag Batam.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya mensukseskan program pemerintah. Yaitu program Sehati Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2021 dengan quota nasional sebanyak 3.200 umk yang diperebutkan secara online siapa cepat dia dapat. 

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau H.Abu Sufyan, S.Ag.  Terlihat hadir Kasi Bimas Islam Kemenag Batam H.Muhammad Dirham mewakili Kepala Kantor Kemenag Batam. 

Dalam arahannya H. Abu Sufyan menyampaikan bahwa sehati ini merupakan program Kementerian Agama untuk implementasi amanat Undang-Undang bahwa pemerintah memberi perhatian khusus pada UMK dalam sertifikat halal.

Dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Ega dari Bank Indonesia yaitu tentang QRIS. Bahwa dalam rangka mendukung digitalisasi pembayaran yaitu dengan QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Diakhiri materi tentang sehati oleh Satgas Halal Kanwil Kemenag Kepri yang sebelumnya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Bank Indonesia Perwakilan Kepulauan Riau. Disampaikannya pada tahun 2020 di Kota Batam sudah diserahkan sertifikat halal sebanyak 69 UMK seyogyanya semua sudah mendaftar QRIS untuk mendukung penjualannya. Jika pada tahap ini baru 30 UMK maka kami berharap BI sebagai fasilitator untuk mengadakan tahap berikutnya. Karena pada kesempatan ini juga diikuti oleh para UMK yang mengikuti program sehati 2021 sehingga jumlah peserta yang hadir pada acara ini adalah sebanyak 50 UMK.

Sungguh antusias yang luar biasa dari peserta di wilayah Kota Batam yang mengikuti acara pada hari ini.  Dari a ke z pertanyaan disampaikan baik tentang program sehati maupun QRIS kedepan 

Diakhir materi Titik Hindon selaku Kasatgas Halal menyampaikan mari kita sama-sama mendukung program pemerintah untuk menciptakan UMK tangguh, UMK mandiri, UMK berdikari dalam mendukung perekonomian masyarakat ditengah pandemi. Semoga penjualan hasil produk UMK dapat dijual dengan pangsa pasar nasional maupun go internasional, pungkasnya.
----
Humas

29

Berita Terkait