Selasa 19 Oktober 2021

Berita

Sesuai IMA No. 2 Tahun 2021, Kantor Kemenag Bintan Perdana Laksanakan Penghormatan Bendera Merah Putih

17-09-2021


* Kantor Kemenag Bintan Perdana Laksanakan Penghormatan Bendera Merah Putih

(Kemenag Bintan) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bintan melaksanakan penghormatan bendera merah putih dan pembacaan doa, sesuai dengan Instruksi Menteri Agama (IMA) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa. Kendati instruksi tersebut tertanggal 15 Juni 2021, seremonial ini baru perdana dilaksanakan dikarenakan pelaksanaan PPKM saat itu.
 
Layaknya upacara, susunan acaranya diisi dengan penghormatan kepada bendera merah putih dipimpin oleh komandan upacara diiringi Lagu Indonesi Raya oleh Paduan Suara. Kemudian penyampaian sambutan oleh inspektur upacara yang pada saat itu dilakukan oleh Kasubbag TU Kantor Kemenag Bintan, H. Syahjohan.

Dalam sambutannya, Johan mengatakan, seremonial penghormatan bendera merah putih ini sebagai bentuk semangat kemerdekaan pada tanggal 17 setiap bulannya. Sebagaimana diketahui, hari kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus.

“Melalui upacara penghormatan ini diharapkan dapat memperkokoh sikap kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air. Selain itu selaku PNS, semoga upacara ini  juga meningkatkan tanggung jawab, disiplin, dan pengabdian kita dalam melaksanakan tugas dan fungsi,” ujar Johan di halaman Kantor Kemenag Bintan, Jumat (17/9/21).

Sebagai informasi, penghormatan pada bendera merah putih dan doa tahun 2021 dimulai pada pukul 07:25 setiap tanggal 17 bulan berjalan yang jatuh pada hari kerja. Pada saat penghormatan bendera merah putih dan doa, peserta menggunakan Pakaian Dinas Harian sesuai dengan hari kerja sebagaimana ditetapkan dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pakaian Dinas Harian Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama. (amilia)
 

55

Berita Terkait