Minggu 19 September 2021

Berita

Selamat! Kepri Masuk 10 Terbaik Peran Fungsi Pembinaan dan Monitoring Pencairan BOS Madrasah 

06-08-2021


* Selamat! Kepri Masuk 10 Terbaik Peran Fungsi Pembinaan dan Monitoring Pencairan BOS Madrasah 

Tanjungpinang (Humas)_Ada kabar gembira di tengah pandemi yang masih melanda. Kanwil Kemenag Kepri meraih posisi kedua terbaik dalam pool potition peran fungsi pembinaan dan monitoring dalam pencairan BOS Madrasah Tahun 2021. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan Kick Off Pencairan Dana BOS Madrasah Tahun 2021 Tahap II secara virtual pada Kamis, 5 Agustus 2021. 

Kepri menempati posisi kedua setelah Jawa Tengah dan disusul oleh daerah lain secara berurutan antara lain Papua, Nusa Tenggara Timur, DIY, Sumatera Selatan, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat. 

Direktur KSKK Kemenag RI, Moh Isom Yusqi mengucapkan terima kasihnya atas kerja keras seluruh jajarannya di daerah dalam mengawal pencairan dana Bos tahap II. Dia mengatakan pengawalan dilakukan melalui aplikasi e-rkam madrasah 2021. 

Dia menjelaskan pengawalan penggunaan dana BOS dimulai dari perencanaan, penggunaan dan pelaporannya. 

"Dana BOS sangat besar. Total BOS untuk madrasah negeri yang ada pada masing-masing anggaran sebesar Rp.1,9 triliun. Dan Total BOP RA sebesar Rp.8 miliar. Saat ini pencairannya mohon dikontrol di daerah. Sudah baik, namun harus terus dioptimalkan," kata Isom Yusqi. 

Sementara untuk madrasah swasta total dana BOS sebesar Rp. 3,6 triliun untuk tahap I dan akan dicairkan lagi pada tahap II sebesar Rp. 3,6 triliun. 

"Saya minta seluruh jajaran di daerah koordinasi dengan bank penyalur sehingga pencairannya lebih cepat dan lebih lancar. Harapan kami akhir Agustus sebesar Rp. 7,3 T untuk BOS madrasah swasta tuntas 100%. Seratus persen itu kan dari negara kepada bank penyalur, nah dari bank penyalur kepada penerima dipantau supaya cepat prosesnya sampai kepada pemakaian yang tepat sasaran," harapnya. 

"Saya mohon kepada bank penyalur agar cepat dan tepat dalam penyalurannya sesuai dengan PKS yang sudah kita bangun," ucapnya. 

"Kami juga minta agar EMIS dioptimalkan, karena kami sedang mengupgrade agar lebih canggih lagi karena EMIS 4.0 masuk dalam program madrasah reform. Kami minta data siswa penerima BOS benar-benar valid, bisa dijelaskan sejelas-jelasnya. Jangan timbul keraguan, misalnya ada data ganda, siswa mutasi segera diselesaikan dan lain sebagainya. Ke depan penyaluran BOS akan dilakukan melalui e-banking sebagai bentuk inovasi yang membangun," imbuhnya. 

Atas prestasi tersebut, Kakanwil Kemenag Kepri Dr. H. Mahbub Daryanto mengungkapkan rasa syukurnya. "Alhamdulillah, terima kasih atas dedikasi seluruh jajaran madrasah. Terima kasih kepada Kabid Penmad, para Kasi dan Kamad yang telah bekerja keras. Semoga menjadi amal saleh," tutur Kakanwil. 

Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Kepri H. Subadi juga mengungkapkan rasa syukurnya. "Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua, atas arahan Kakanwil, kerja keras Kakankemenag Kab/ Kota beserta  tim, Tim Madrasah  Tim  Pengelola BOP  semua. Semoga pencairan dan SPJ berikutnya juga tertib dan dapat dipertanggungjawabkan," ucapnya. 

212

Berita Terkait