Selasa 18 Desember 2018
Ats-tsulatsa 9 Rabiul Akhir 1440

Berita

Satu Orang Jamaah Asal Tanjungpinang Hilang di Mina

24-08-2018


* Ruspian Rusli Jaapar Jamaah Haji asal Tanjungpinang yang Hilang di Mina

Embarkasi Haji Batam (MCH) --- Sebanyak 440 orang dari 447 orang jamaah haji Kloter 01 BTH tadi malam selesai melaksanakan tawaf ifadah. Informasi ini disampaikan langsung dari Ketua Kloter 01 BTH, H. Mustafa melalui Media Center Haji (MCH) Embarkasi Haji Batam, Jumat (24/8).

Dikatakannya bahwa pelaksanaan wukuf di Arafah, Mina dan Muzdalifah (Armuzna) sebanyak 447 orang jamaah. Namun pasca Armuzna jamaah yang kembali ke Makkah sebanyak 445 orang. Hal ini disebabkan ada satu orang jamaah yang dirawat di RS Mina Al Weda a.n. Sahar M.Tayib asal Batam dan satu orang jamaah yang hilang sewaktu ditenda Mina a.n. Ruspian Rusli Jaapar asal Tanjungpinang. Sementara sisa lainya dalam keadan uzur dan sakit.

Sampai dengan berita ini diturunkan Ruspian Rusli Jaapar masih belum ditemukan.

“Beliau ini sebenarnya sakit stroke, untuk bangun dari tidur aja harus dibantu oleh isteri. Tapi disaat jamaah pergi melontar jumrah dan istrinya Lafrina sedang tertidur pulas, dia bisa bangun sendiri dan keluar dari tenda. Kejadian sekitar jam 23.00 malam waktu setempat,” ungkap Mustafa.

“Kami semua perangkat Kloter berupaya melakukan pencarian dan koordinasi dengan PPIH Arab Saudi, namun sampai saat ini belum membuahkan hasil, ungkapnya lagi.

“Kita doakan mudah-mudahan jamaah tersebut bisa ditemukan oleh petugas maupun jamaah jamaah haji yang lain dan langsung mengantarkannya kembali ke hotel,” harap Mustafa.

Diketahui untuk kasus jamaah yang hilang biasanya petugas Pengamanan dan Perlindungan Jamaah (Linjam) akan melakukan penyisiran di Mina dan berbagai sudut kota Makkah. Petugas juga akan mengecek ke sejumlah rumah sakit di Makkah dan sekitarnya.  Khusus kasus seperti ini tidak ada batas waktu dan akan terus dicari meski operasional haji berakhir.

Sementara untuk kegiatan jamaah pagi ini di katakan Mustafa, “Himbauan dari Kementrian Haji Arab Saudi, agar jamaah haji untuk melaksanakan sholat Jumat di masjid terdekat dari hotel masing masing, karena Masjidil Haram hari ini diprediksi akan sangat padat. Sholat di tanah haram akan mendapatkan pahala yang berlipat.” (Syahbudi)
 

2087

Berita Terkait