Selasa 19 Oktober 2021

Berita

Satgas Halal Kemenag Kepri Gelar Sosialisasi Program Sehati

14-10-2021


* Satgas Halal Kemenag Kepri Gelar Sosialisasi Program Sehati

Batam (Kemenag)--- Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau melalui Satgas Halal menggelar kegiatan Sosialisasi Program Sehati (Sertifikat Halal Gratis), Rabu, 13 Oktober 2021. Secara resmi kegiatan  dibuka oleh Kakankemenag Kota Batam Dr.H.Zulkarnain,S.Ag.,M.H dengan narasumber Dr. H. A. Sukandar.,M.Ag (Kabid Registrasi Halal BPJPH Kemenag RI selaku Ketua Sehati Tahun 2021.

Kegiatan program Sehati ini melibatkan 43 pelaku Usaha Kecil Mikro (UMK). Acara ini diselenggarakan di Aula Kemenag Kota Batam Lt 2, Jl. Raya Masjid Baiturrahman No. 1 Sekupang.

Kakankemenag Batam Dr. H. Zulkarnain, S.Ag.,M.H pada kesempatan itu menuturkan bahwa kehalalan suatu produk sangat penting. Karena untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen untuk mengkonsumsi produk makanan dan minuman, karena tidak ada keraguan lagi bahwa produk tersebut terindikasi dari hal-hal yang diharamkan. Untuk menjamin bahwa produk yang dihasilkan bukan hanya sekedar halal tapi higienis.

"Untuk memberikan rasa aman dan nyaman serta higienis," ucapnya.

Dikatakannya bahwa pada tahun 2020, sebanyak 69 pelaku UMKM di Batam telah mengantongi sertifikat halal gratis dari BPJPH Kemenag RI. Pada September lalu Menag sudah melaunching Program Sehati untuk 3.200 UMK yang bisa didaftarkan secara online.

Mudah mudahan dengan sosialisasi program Sehati yang selenggarakan oleh Satgas Halal Kemenag Kepri dan Satgas Halal Kemenag Kota Batam ini semakin banyak para pelaku usaha UMK di Batam yang mendapatkan sertifikat halal gratis, harapnya.

Senada dengan itu Dr.H.A.Sukandar, Ketua Program Sehati dari BPJPH RI dalam paparannya menjelaskan pentingnya pelaku usaha untuk memiliki sertifkat halal. Kehalalan produk disamping untuk memberikan rasa aman, nyaman higienis juga untuk meningkatkan daya beli dan nilai saing produk. 

Menurutnya, kedepan setiap pelaku usaha harus mengantongi sertifikat halal. Selama kurun waktu lima tahun ini 2019 - 2024, Kemenag terus melakukan sosialisasi agar pelaku usaha untuk melengkapi usahanya dengan sertifikat halal. Sesuai amanat Undang-Undang bahwa produk yang masuk, beredar dan diperjualbelikan di Wilayah Indonesia harus bersertifikat halal.

Informasi dari Satgas Halal Kemenag Kepri Titik Hindon bahwa tahun 2021 ini, BPJPH Kemenag RI membuka kuota sehati secara nasional. Siapa cepat dia dapat dengan mendaftar pada laman ptsp.halal.go.id dengan pasword SEHATI21.
----
Humas

29

Berita Terkait