Selasa 07 Juli 2020

Berita

Ramadhan Tiba, Kakan Kemenag Imbau Tarawih Di Rumah

24-04-2020


* Kakan Kemenag Kota Tanjungpinang dalam kegiatan Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1441 H

Kemenag TPI (INMAS) dengan telah masuknya bulan suci Ramadhan 1441 H, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang H. Samsutarmidi, S.Pd. I menghimau kepada seluruh warga untuk melaksanakan ibadah sholat sunnah tarawih di rumah masing-masing bersama agnggota inti keluarga. demikian disampaikan H. Samsutarmidi disela-sela rukyatul hilal awal ramadhan 1441 H di Café Puncak Kelurahan Bukit Cermin Tanjungpinang.

Hal tersebut menurut Kakan Kemenag adalah upaya untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada musim pandemic ini. Menurut pantauan di lapangan hampir selruh masjid di Kota Tanjungpinang tidak melaksanakan sholat tarawih berjamaah. Forum Komunikasi Muballigh pun telah mengeluarkan pernayataan resmi untuk tidak menurunkan para muballigh dan muballighah yang akan memberikan thausiyah sebelum tarawih sebagaimana tahun-tahun yang lalu.

Namun demikian ada beberapa masjid yang tetap menyelenggarakan sholat tarawih berjamaah seperti masjid besar Al-Furqon Kecamatan Bukit Bestari dan Masjid Besar Al Azhar Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Meskipun hujan telah turun sebelum pemantauan hilal di Kota Tanjungpinang namun Cuaca mendung masih menyelimuti ufuk barat, sehingga menyulitkan pengamatan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Kepri Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH,.MA dalam arahannya mengatakan pengamatan hilal, dan Ramadan tahun ini terasa berbeda karena adanya wabah Covid-19. Namun menurutnya bencana itu bukan saja melanda Indonesia, tetapi seluruh dunia. "Kita terus berdoa agar Covid-19 segera berlalu," kata Kakanwil. 

Kakanwil mengatakan kegiatan pengamatan hilal merupakan kegiatan rutin tahunan dalam menentukan awal Ramadan, awal Syawal dan awal Zulhijjah. "Berdasarkan data pengamatan kemungkinan besok kita mulai berpuasa, tetapi tetap tunggu keputusan pemerintah yang akan diumumkan oleh Menteri Agama RI malam ini. Tugas kita melaksanakan pengamatan hilal berdasarkan protokol kesehatan dan apapun hasilnya karena disini turun hujan dan mendung, segera kita laporkan," sebut Kakanwil. (dari berbagai sumber)
 

148

Berita Terkait