Selasa 18 Juni 2019
Ats-tsulatsa 14 Syawal 1440

Berita

Rakerda LPTQ Kepri Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

29-04-2019


* Rakerda LPTQ Kepri Hasilkan Sejumlah Rekomendasi

Bintan (Inmas)_ Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kepulauan Riau menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2019 sempena penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) VIII Tingkat Propinsi Kepulauan Riau di Gedung LAM Bintan, Kijang, Senin (29/4/2019).

Gubernur Kepulauan Riau Dr. H. Nurdin Basirun secara resmi telah membuka kegiatan tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua LPTQ Pusat Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, Sekda Propinsi Kepri TS. Arif Fadillah, dan sejumlah pengurus LPTQ Kepri.

Dalam arahannya Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun menyebutkan pihaknya bangga dengan bermunculannya quran center dan rumah tahfidz di Kepri. Selanjutnya Gubernur Kepri berharap program LPTQ dapat bersinergi dengan pondok-pondok tahfidz yang ada di kampung-kampung agar dapat mengembangkan SDM yang ada di kampung-kampung.

Rakerda LPTQ Kepri Tahun 2019 menghasilkan sejumlah rekomandasi penting antara lain agar pengurus LPTQ segera melakukan inventarisasi dewan hakim, guru TPQ, hafidz/hafidzah, qori/qoriah, mufassir/mufassiroh, khat/khattatah, dan pendataan masyarakat buta aksara Alquran di Kepri.

Rekomendasi lainnya adalah melakukan pelatihan dewan hakim sehingga memenuhi syarat sertifikasi dewan hakim, memberikan pelatihan berbagai metode belajar Alquran kepada guru TPQ, memberdayakan asset-aset MTQ/STQ untuk kemaslahatan umat, menghimpun bahan-bahan maqra, soal dan kunci jawaban seluruh cabang dan golongan, melakukan pengembangan dan penemuan baru tentang membaca dan menulis huruf Alquran, dan mengirimkan para pemenang MTQ/STQ untuk melakukan seleksi, eksebishi, haflah dan undangan lainnya yang dapat meningkatkan kemampuannya. (Indra/Red)

67

Berita Terkait