Selasa 16 Juli 2019
Ats-tsulatsa 13 Dzulka'dah 1440

Berita

PW IPHI Kepri Gelar Muswil III Untuk Memilih Pengurus Baru

28-03-2019


* PW IPHI Kepri Gelar Muswil III Untuk Memilih Pengurus Baru

Tanjungpinang (Inmas)_Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Propinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Wilayah (Muswil) III Tahun 2019 di Asrama Haji Tanjungpinang. Kegiatan telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Raja Ariza, Rabu (27/3/2019) malam di Gedung Daerah Jalan SM. Amin Tanjungpinang. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PP IPHI Ismed Hasan Putro, Sekjen PP IPHI Samidin Nashir, Ketua PW IPHI Kepri H. Bakir, para pengurus PD IPHI Kabupaten/Kota, para tokoh agama dan sejumlah peserta.

Dalam laporannya Ketua PW IPHI Kepri, H. Bakir menyebutkan puncak kegiatan Muswil III IPHI Kepri adalah memilih pengurus IPHI Kepri periode 2019-2024. Eksistensi IPHI adalah untuk membina jamaah haji dalam melestarikan haji mabrur dengan berbagai kegiatan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“IPHI Kepri telah melakukan berbagai kegiatan yang bersifat sosial untuk membantu masyarakat muslim di Kepri. Semoga kegiatan yang sudah dilaksanakan mendapatkan pahala dari Allah SWT dan kami berharap pengurus PW IPHI Kepri mendatang dapat berbuat lebih baik lagi,” kata H. Bakir.

Sementara itu Ketua PP IPHI, Ismed Hasan Putro dalam sambutannya mengatakan, Kepri merupakan titik yang strategis bagi bangsa dan negara Indonesia, garis terdepan berhadapan dengan dua negara yang merupakan sahabat sekaligus pesaing dalam pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia yakni Singapore dan Malaysia.

“IPHI sebagai organisasi mengemban misi mulia melestarikan haji mabrur sepanjang hayat. Haji sebagai entitas religious, kultural dan sosiologis merupakan kaum yang memiliki identitas elitis. Kelompok elit yang memiliki keunggulan ekonomi sekaligus keunggulan sosial, religious, dan ibadah yang menjadi kewajiban kita,” kata Ismed.

Ismed menyebutkan sudah terjadi pergeseran paradigma dalam memposisikan seorang haji. Dia berharap IPHI Kepri periode mendatang akan lebih dinamis dan responsif untuk memenuhi kebutuhan anggotanya di Kepri. “Saya berharap muncul pengusaha-pengusaha baru dari anggota IPHI Kepri yang dapat membantu kemakmuran umat Islam. Jangan sampai kita tergerus oleh kuasa pengusaha non muslim. Hitung saja berapa kebutuhan pokok sehari-hari umat Islam di Kepri, hitung berapa uang yang berputar yang dapat kita olah untuk kesejahteraan umat Islam,” sebut Ismed.

“IPHI harus mengolah sumber ekonomi umat, dari umat, oleh umat dan untuk umat”, tambahnya.

Dalam arahannya Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kepsra Pemprov Kepri H. Raja Ariza mengatakan Pemprov Kepri berkomitmen untuk mendorong umat Islam untuk menjadi pengendalian perekonomian di Kepulauan Riau.

“Kita berharap dari IPHI Kepri akan lahir pengusaha-pengusaha baru yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau beriringan dengan pengusaha-pengusaha lainnya,” kata Raja Ariza.

“Pemerintah berharap IPHI Kepri dapat berkolaborasi dengan pemerintah sehingga bisa langsung berlari dengan kecepatan 360 km/jam untuk mengejar ketertinggalan kita. IPHI Kepri harus menjadi wahana kebangkitan ekonomi umat,” tambah Raja Ariza.


Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 50 peserta dari PD IPHI Kabupaten/Kota kecuali Anambas yang mengalami kendala transportasi. Muswil III PW IPHI Kepri akan berlangsung selama tiga hari hingga Jumat mendatang dengan agenda utama memilih pengurus baru PW IPHI Kepri Periode 2019-2024. (hatiman)

111

Berita Terkait