Rabu 11 Desember 2019
Al-Arbi'aa 13 Rabiul Akhir 1441

Berita

PLBM MTs Aqidatunnajin Daik, Isi Kegiatan Edukatif

15-07-2019


* Suasana PLBM MTs Aqidatunnajin Daik

(Kemenag Lingga)-- Sebanyak 55 orang siswa kelas VII MTs Aqidatunnajin diwajibkan mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan dan Budaya Madrasah (PLBM) yang dilaksanakan pada hari pertama masuk sekolah di tahun pengajaran baru 2019/2020.

Menurut Fatia Zulfa selaku koordinator kegiatan PLBM,  kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai bentuk sosialisasi yang bertujuan agar siswa cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, warga sekolah, kegiatan sekolah, peraturan sekolah serta budaya sekolah.

"Harapannya nanti mereka sudah siap ketika sudah masuk proses pembelajaran,"ujar guru yang menjabat Wakil Kepala Bidang Kesiswaan tersebut.

Menurut Fatia, karena tidak ada ketentuan khusus dalam materi kegiatan ini, maka pihaknya menyusun materi yang up to date dengan kebutuhan siswa dan kegiatan dan penugasan yang edukatif.

"Seperti kegiatan market day secara berkelompok dan terjadwal, sebagai bentuk  pendidikan entrepreneurship,"ungkapnya, Senin(14/7).

Selain itu adanya  pembiasaan wudhu' setiap hari menjelang berangkat sekolah, shalat duha, serta kegiatan-kegiatan ice breaking untuk menyegarkan merefresh para peserta dalam mengikuti kegiatan.

Sedangkan untuk pemateri dalam kegiatan ini, disampaikan oleh kepala Madrasah, guru-guru dan memberdayakan pengurus OSIS.Kegiatan PLBM ini akan dilaksanakan selama tiga hari, terhitung mulai hari ini, 15 Juli 2019 sampai 18 Juli 2019.


Kepala Kemenag Lingga mengingatkan agar PLBM harus memperkuat tujuan pendidikan di Madrasah. “Membangun sinkronisasi antara tugas dan fungsi madrasah, Guru dan Orang tua. Memperkenalkan masyarakat sekolah adalah masyarakat yang melakukan upaya pendidikan, pembinaan dan pengajaran dan tempat menimba ilmu pengetahuan,”pinta H.M.Nasir,S.Ag,MH. (zaid/armain)
 

148

Berita Terkait