Senin 20 September 2021

Berita

Pimpinan Baznas Kepri Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

04-08-2021


* Pimpinan Baznas Kepri Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

Tanjungpinang (Humas) - Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau periode 2021-2026 resmi dilantik oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, SE, MM di Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (03/8/2021).

Berdasarkan keputusan Gubernur Kepulauan Riau nomor 903 Tahun 2021 Tanggal 16 Juli 2021, lima pimpinan Badan Amil Zakat (Baznas) Provinsi Kepri periode 2021-2026 diantaranya Drs. H. Arusman Yusuf, M.H.I sebagai ketua, Suparwi, S.Sos sebagai Wakil Ketua I, Dr. Pauzi, S.Ag, M.Si sebagai Wakil Ketua II, Nanang Rohendi, S.Pd.I sebagai Wakil Ketua III, dan Deni Mulyana, SE sebagai Wakil Ketua IV.

Pelantikan ke-lima pimpinan Baznas Provinsi Kepri resmi dilakukan langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau dengan disaksikan Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kepri, Aiyub, SE, M.Si.

Menurut Gubernur Ansar, Pimpinan BAZNAS Provinsi Kepri dituntut harus bekerja cepat dan profesional serta memegang teguh asas syariat Islam, amanah dan integritas, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, akuntabilitas dan profesional.

"Optimalkan seluruh kapasitas SDM Amil dan libatkan jalinan kemitraan yang baik dengan berbagai stakeholder. Pastikan pengelolaan zakat di Provinsi Kepulauan Riau mematuhi prinsip Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI," pesan Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga berharap kepada pimpinan Baznas Provinsi Kepri yang baru dikukuhkan tidak hanya sekedar menjalankan program BAZNAS Kepri periode sebelumnya. Tetapi juga harus mampu melahirkan gagasan-gagasan baru yang kongkrit untuk memajukan peran dan fungsi BAZNAS secara komprehensif di Provinsi Kepri. 

"Di masa pandemi saat ini, peran zakat menjadi semakin penting untuk meredam dampak multidimensi dari Pandemi Covid-19. Oleh karenanya, perlu dilakukan pengoptimalan dalam proses pengumpulan zakat agar kontribusi zakat dapat terus ditingkatkan dalam pengentasan kemiskinan dan mewujudkan keadilan sosial," ujarnya.

Terhubung melalui videoconference, Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam sambutannya berharap dibawah bimbingan Gubernur Ansar, Baznas Kepri akan semakin berkembang dan menunjukkan eksistensinya karena kepengurusan yang lalu juga sudah luar biasa.

“Saya berharap kepengurusan yang baru dilantik ini dapat meningkatkan pencapaian kepengurusan yang lalu. Di Baznas pusat, kita sedang melakukan program penguatan organisasi, SDM, Sarana Prasarana, dan jaringan. Saya harap kepengurusan Baznas daerah di Kepri dapat mengikutinya," kata Noor.

Disela acara, Gubernur Kepulauan Riau menyerahkan penghargaan kepada Pimpinan Baznas Provinsi Kepri 2016-2021, dilanjutkan dengan penyerahan laporan pengelolaan zakat Provinsi Kepulauan Riau semester I tahun 2021 dan cenderamata buku pengelolaan zakat kepemimpinan BAZNAS Provinsi Kepulauan Riau periode 2016-2021 dari Pimpinan Baznas Kepri periode 2016-2021 kepada Gubernur Kepulauan Riau. Gubernur Ansar turut menyerahkan Beasiswa BAZNAS tingkat perguruan tinggi kepada mahasiswa penerima manfaat secara simbolis. Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada Pimpinan Baznas Kepri yang telah dilantik.

Turut menghadiri acara ini Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kepri Raden Hari Cahyono, Kabid Bimas Islam Kakanwil Kemenag Kepri Edi Batara, Asisten I Pemprov Kepri Juramadi Esram, Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan dan Suyono, Ketua MUI Kepri Bambang Maryono, Kabiro Kesra Aiyub, SE, M.Si, dan Ketua serta Wakil Ketua III Baznas Provinsi Kepri periode 2016-2021 Mustamin Husain dan Cahyo Budi Santoso.
 

183

Berita Terkait