Rabu 06 Juli 2022

Berita

Pesantren Al-Hikmah Air Asuk Tidak Penuhi Ketentuan Pendirian Pesantren, Kasi Pendis Kemenag Anambas Lakukan Verifikasi Faktual

19-05-2022


* Kasi Pendis Kemenag Anambas Lakukan Verifikasi Faktual di Pesantren Al-Hikmah Air Asuk

Kemenag Anambas (Humas)- Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 511 Tahun 2021 tentang Juknis Pendaftaran Keberadaan Pesantren. Kasi Pendidikan Islam Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Anambas Mardanis, S.Pd.I melakukan verifikasi faktual terhadap indikasi tidak terpenuhinya ketentuan pendirian Pesantren di Pondok Pesantren Al-Hikmah Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah. Kamis (19/05/2022). 

Pondok Pesantren Al-Hikmah berdiri sejak tahun 2017, dan sudah mengantongi IJOP (Ijin Operasional Pondok Pesantren). Namun dalam prosesnya perlu dilakukan verifikasi faktual terhadap indikasi tidak terpenuhinya ketentuan pendirian Pesantren. 

Hasil verifikasi faktual di lapangan yang dilakukan langsung oleh Kasi Pendis Kemenag Anambas bersama team di Pondok Pesantren Al-Hikmah Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah meliputi: (1) Pondok Pesantren tidak memiliki santri yang bermukim (2) Pondok Pesantren tidak mempelajari kitab kuning (3) Pondok Pesantren tidak memiliki bangunan masjid atau surau. Ketiga hal tersebut merupakan hal-hal yang tidak sesuai sebagai Persyaratan Pendaftaran Keberadaan Pesantren sesuai Keputusan Dirjen Pendis Nomor 511 Tahun 2021.

Mardanis,S.Pd.I menyampaikan, berdasarkan hasil verifikasi faktual di lapangan Pondok Pesantren Al-Hikmah Air Asuk, Kecamatan Siantan Tengah maka akan dilakukan Prosedur Pencabutan Izin Terdaftar Pesantren. " Pencabutan IJOP (Ijin Operasional Pondok Pesantren) akan kami ajukan ke Kanwil Kemenag Kepulauan Riau", tuturnya. 

Harapan Mardanis,S.Pd.I terhadap Pondok Pesantren lainnya, " Pondok Pesantren harus memenuhi standart Pondok Pesantren secara administrasi, Pondok Pesantren harus memiliki proses pembelajaran yang seharusnya dan mampu menghasilkan atau mencetak santri yang berkualitas dan berguna". 

68

Berita Terkait