Selasa 17 Mei 2022

Berita

Peringatan HARDIKNAS di MIN Tanjungpinang

13-05-2022


* Peringatan HARDIKNAS di MIN Tanjungpinang



Kemenag TPI (INMAS) Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional (HARDIKNAS) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanjungpinang mengadakan upacara dengan Pembina Bapak Masnepi, S.H.I dan di ikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa MIN. Sedangkan kepala madrasah mengikuti upacara di lapangan Pamedan atas undangan Walikota Tanjungpinang.

Tema hari pendidikan nasional tahun 2022 adalah Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar. Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional  yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Beliau mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia karena kritikannya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Itulah sepenggal isi dari upacara hardiknas yang disampaikan mengingat begitu pentingnya menghargai jasa-jasa dari pahlawan maka pemerintah telah menetapkan hari hari besar untuk mengingat kembali jasa yang begitu besar untuk bangsa tercinta ini. (Sumber berita: Humas MIN Tanjungpinang)

41

Berita Terkait