Kamis 26 November 2020

Berita

Peran Kemenag Batam Dalam Pengawasan Orang Asing

20-11-2020


* Peran Kemenag Batam Dalam Pengawasan Orang Asing

Batam (Kemenag)----Kementerian Agama Kota Batam melalui Kasubbag Tata Usaha Magdalena Silfia menegaskan bahwa Kemenag Batam siap berperan serta dalam pengawasan terhadap orang asing yang ada di Kota Batam.

Pengawasan terhadap orang asing di Batam sangat penting untuk dilakukan demi menjaga keamanan dan ketertiban serta untuk menghindari keresahan-keresahan di tengah tengah masyarakat.

Hal ini disampaikannya dalam rapat koordinasi pemantauan orang asing dan organisasi masyarakat asing di ruang Hang Nadim Batam Kantor Walikota Batam, Jumat (20/11).

Dikatakannya, Kemenag akan selalu siap berkoordinasi dan menginformasikan Warga Negara Asing yang keberadaan dan kegiatan mereka berkaitan dengan wilayah kerja Kemenag di antaranya nikah campur yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.

Dari data yang ada, dalam setahun itu hampir seluruh KUA di Batam melaksanakan pernikahan campuran, hanya sebagian kecil saja KUA yang tidak ada pernikahan campuran.

"Data 2017 sampai dengan 2020 ini, sebagian besar KUA melaksanakan pernikahan campuran," ujarnya.

Biasanya pernikahan campuran itu mempelai laki lakinya Warga Negara Asing dan mempelai perempuannya Warga Negara Indonesia.

Terkait pernikahan campuran ini, Kemenag akan senantiasa mengawasi agar berjalan sesuai aturan dan tidak ada pihak yang dirugikan," ungkapnya.

Kegiatan ini dibuka oleh Pjs Walikota Batam,  dihadiri Setda Kota Batam dan puluhan peserta rapat koordinasi Tim Pemantauan Orang Asing dan Organisasi Masyarakat Asing Kota Batam.


-------
humas











 

34

Berita Terkait