Selasa 20 Oktober 2020

Berita

Penilaian MTQ Ke VIII Menggunakan Teknologi Digital

23-09-2020


* Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, H. Zulkarnain Umar, saat mengikuti musda LPTQ

Tanjungpinang (Kemenag) --- Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kepri menggelar Musyawarah Daerah (musda) ke VIII, di Hotel Aston Tanjungpinang. Musda ini digelar sebagai evaluasi dari kinerja LPTQ Kepri khususnya pada perhelatan MTQ tahun 2020.

Pada Musda ini, dihadiri oleh Sekretaris Umum (Sekum) LPTQ Nasional dan menyampaikan terkait pembenahan pelaksanaan MTQ baik tingkat daerah hingga nasional, yaitu dengan penggunaan tekonologi digital untuk mendukung kinerja Dewan Hakim dan memudahkan proses penilaian MTQ, Selasa (22/9).

Adapun teknologi pendukung  yang berbasis digital tersebut antara lain, aplikasi E-MTQ yang berfungsi saat pendaftaran peserta MTQ secara online. Selanjutnya pada aplikasi peserta diwajibkan melakukan finger print, agar tidak ada peserta yang diwakili oleh orang lain atau joki, seperti yang pernah terjadi pada iven MTQ sebelumnya atau beberapa tahun lalu.

Kemudian juga ada aplikasi E-Maqro sebuah teknologi yang khusus untuk mengacak soal , guna menghindari adanya kebocoran soal atau tindakan curang dari oknum Dewan Hakim.

Sekretaris Daerah Kepri, Tengku Said Arif Fadillah menambahkan, Pemprov Kepri tetap mendukung upaya peningkatan kualitas penggiat Al-Quran di Kepri, dengan cara menyediakan dana pembinaan.

Saat ini, MTQ Kepri ke VIII sedang berlangsung dan menggunakan teknologi tersebut. Diharapkan iven MTQ sejak 19 hingga 23 September mendatang dapat melahirkan Qori Qoriah yang berkompeten hingga tingkat Nasional bahkan Internasional.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, H. Zulkarnain Umar, usai mengikuti pelaksanaan musada mengatakan, dengan adanya inovasi teknologi – teknologi  tersebut, tentunya dapat menepis dugaan – dugaan terhadap Dewan Hakim yang disebut kurang adil atau diduga kurang teliti dalam memberikan penilaian terhadap peserta, sehingga akuntabilitas para Dewan Hakim MTQ dapat diperbaiki serta ditingkatkan, ungkap H. Zulkarnain Umar.
----------

Humas



 

51

Berita Terkait