Selasa 07 Juli 2020

Berita

Pengurus LP3KD Kota Tanjungpinang Perkuat Pelaksanaan Misa Kamis Putih Online Selama Pekan Suci

13-04-2020


* Pengurus LP3KD Kota Tanjungpinang Perkuat Pelaksanaan Misa Kamis Putih Online Selama Pekan Suci

Kemenag TPI (INMAS) Pekan suci artinya minggu suci yang diawali dengan Minggu Palma atau Minggu Palem, kemudian ada Kamis Putih, Jum’at Agung dan Sabtu Suci. Pekan Suci atau Minggu Palma telah di rayakan secara Online oleh 4 Orang Pastor pada Tanggal 5 April 2020. Selanjutnya hari ini tanggal 9 April umat Katolik memasuki Hari Raya Kamis Putih yang rencanannya akan dilaksanakan pk 19.00 malam ini.

Hari ini memasuki TRI HARI SUCI dan merayakan secara agung Misteri Paskah yang diawali dengan Kamis Putih, umat Katolik mengenangkan Perjamuan Tuhan, yang merujuk pada tradisi perjamuan Paskah Yahudi. Perjamuan Paskah ini mengalami pergeseran : awalnya ialah persembahan anak domba kepada Tuhan sebagai hasil panen pertama, kemudian menjadi peringatan pembebasan orang Israel dari penjajahan Mesir, dan untuk orang Kristiani.

Bacaan pada Kamis Putih menunjukan kepada kita arti kurban, persekutuan, dan pelayanan. Kurban domba Paskah Yahudi menjadi kurban Tubuh dan Darah Kristus sendiri yang kemudian menjadi Ekaristi Kudus. Ini adalah puncak pelayanan spiritual: Memberikan semua dan segalanya secara total.

Yesus Kristus membasuh kaki, memberi pengajaran, dan kemudian memberikan nyawa-Nya. Dengan ini YESUS menjadi contoh dan rujukan permanen terhadap makna kurban pelayanan.

Biasanya saat Perayaan Ekaristi / Misa Kamis Putih, normalnya ada banyak umat yang ikut ambil bagian dalam pelayanan, mulai dari misdinar, bacaan Lektor, Mazmur, petugas Koor, Tata Laksana, persembahan dan lain-lainnya. Namun dengan adanya Wabah Corona Covid-19 pupus semua harapan Umat Katolik untuk malaksakan Perayaan selama Pekan Suci secara normal.


Lembaga Pembinan dan Pengembangan Pesparani Katolik Kota Tanjungpinang (LP3KD) bekerjasama dengan Seksi Liturgi Gereja Katolik Paroki HSMTB Tanjungpinang bersinergi memperkuat pelaksanaan kegiatan Perayaan Pekan yang mulai dilaksanakan pada hari ini Kamis, 9 April 2020. Dukungan dan kerjasama ditunjukkan dengan latihan bersama dengan tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk jaga jarak antara satu dengan yanglainnya.

RD. Agustinus Dwi Pramodo selaku pastor kepala di parokk HSMTB Tanjungpinang dan pimpinang Gereja Katolik Paroki HSMTB Tanjungpinang sangat berterima kasih atas kesediaan rekan-rekan dari LP3KD Kota Tanjungpinang yang dengan sukarela mendukung pelaksanaan Pekan Suci Umat Katolik secara online / live streaming. Pastor Pramodo juga menyambut baik atas peran serta Kementerian Agama Kota Tanjungpinang yang ikut membantu mendukung penyajian berita dan Informasi selama Pekan Suci dari Gereja Katolik Tanjungpinang. Semoga Kerjasama ini terus terjalin dari hari ke hari dengan lebih baik, tegas Pastor Pram. (Adi)

132

Berita Terkait