Jumat 19 Oktober 2018
Al-Jumuah 8 Syafar 1440

Berita

Pengurus FKUB Kota Dumai Kunjungi Tanjungpinang

05-10-2018


* Pengurus FKUB Kota Dumai Kunjungi Tanjungpinang

Kemenag TPI (INMAS)-Sebanyak 19 orang pengurus FKUB Kota Dumai mengunjungi Kota Tanjungpinang dalam rangka study banding pengelolaan kerukunan umat beragama di Kota Tanjungpinang. Kunjungan ini bermula pada hari Rabu - Jumat tanggal 2 s/d 4 Okober 2018.

Dalam study banding tersebut, rombongan disambut oleh anggota DPRD Kota Tanjungpinang Petrus Sitohang dan pengurus FKUB Kota Tanjungpinang. Pada hari pertama kunjungan, rombongan melakukan pertemuan dengan jajaran anggota FKUB dan pejabat di Kesbangpol Penmas serta Kemenag Kota Tanjungpinag. Dalam pertemuan tersebut didiskusikan manajemen pengelolaan kerukunan umat beragama di Kota Tanjungpinang yang telah mendapat predikat tiga besar tingkat nasional Kerukunan Umat Beragama.

Kepala Kemenag Kota Tanjungpinang dalam pertemuan tersebut menyampaikan tentang kondisi penganut agama yang ada di Kota Tanjungpinang dan toleransi yang lebih tinggi. Beliau menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada rombongan karena telah memilih Kota Tanjungpinang sebagai sasaran study banding. “Terpilihnya Kota Tanjungpinang yang merupakan ibukota Provinasi Kepri sebagai peringkat 3 kerukunan umat beragama merupakan anugrah tersendiri bagi kota ini meskipun kami tidak mengetahui kriteria apa yang digunakan oleh pemerintah pusat dalam penetapannya,” ucap H. Erman Zaruddin.

Setelah melakuakan pertemuan, rombongan mengunjungi beberapa rumah ibadah diantaranya gereja tertua di Kota Tanjungpinang yaitu GPIB yang dikenal dengan Gereja Ayam.  Para peserta terkesima dengan keberadaan gereja tersebut dikarenakan keberadaan gereja tersebut sangat berdekatan dengan Masjid Agung Al-Hikmah Tanjungpinang.

Setelah dari Gereja Ayam, rombongan bergerak menuju Vihara Kisti Garba yang lebih dikenal dengan patung seribu yang sekarang menjadi destinasi baru pariwisata di Kota Gurindam. Yang terakhir dikunjungi oleh rombongan adalah Masjid Raya Sultan Riau Penyengat.

H. Ismail, Ketua FKUB Kota Dumai merasa terkesan atas sambutan yang diberikan oleh tuan rumah, beliau mengajak angota FKUB Kota Tanjungpinang untuk mengunjungi Kota Dumai sebagai kunjungan balasan. (fm)

17

Berita Terkait