Selasa 07 Juli 2020

Berita

Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Bintan Ikuti Pelatihan Pengawasan Digital

29-06-2020


* Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Bintan Ikuti Pelatihan Pengawasan Digital

(Kemenag Bintan) – 3 (tiga) orang Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan mengikuti Pelatihan Pengawasan Digital Angkatan 16 secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting selama 5 hari pada Senin – Jumat (22-26/06/2020). Pelatihan yang diselenggarakan oleh APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) diikuti oleh Pengawas Madrasah/Sekolah dari seluruh jenjang pendidikan se- Provinsi Kepulauan Riau.

3 orang partisipan pelatihan dari jajaran Kantor Kemenag Bintan tersebut adalah Pengawas Pendidikan Agama Islam SLTP/SLTA/MTs/MA: Drs. Dartoyo, M.Pd.I, Pengawas Pendidikan Islam MI: Zariah, S.Pd.I, dan Pengawas Pendidikan Madrasah MTs: Bura’i S.Pd.I.

Pelatihan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Microsoft ini dibuka oleh Ketua APSI Provinsi Kepri, Raja Sopyan, dan dilanjut dengan sambutan dari Ketua APSI Pusat, Agus Sukoco. Dalam keterangannya, Raja Sopyan mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi Pengawas Madrasah/Sekolah terutama dalam bidang IT (informasi dan teknologi) di masa pandemi Covid-19.

“Pelatihan ini dilaksanakan secara daring untuk mematuhi protap dari Pemerintah untuk menghindari kegiatan yang mengumpulkan massa, pelatihan ini sekaligus untuk monitoring kegiatan Pengawas tanpa harus turun ke lapangan. Hal ini tidak mengurangi tujuan dari kegiatan, semua tetap dapat dilakukan secara maksimal.” Ucap Agus.

Pelatihan hari pertama diisi oleh pengurus APSI, Cecep, yang menerangkan materi mengenai Pendalaman Zoom Meeting, membuat dan membaca QR, membuat video dan slide Powerpoint, serta membuat Angket dengan Google form. Pelatihan hari kedua diisi oleh Irwan Widiatmoko yang menjabarkan tentang penggunaan Aplikasi Soesaw dan Pengawasan Digital. Pelatihan hari ketiga diisi oleh Adien Novansa yang mengangkat materi mengenai Google Essential, Evaluasi dan  Refleksi kegiatan Pengawas. Pelatihan hari keempat diisi oleh Tri Marhaeni Puji Astuti dan Endang Rahayo yang membahas tentang Materi Pengembangan Profesi Pengawas. Pelatihan hari terakhir diisi oleh Pangarso Yuliatmoko yang memaparkan tentang tata cara pengajuan Dupak.

Setelah mengikuti pelatihan ini, salah satu peserta, Dartoyo berharap Pengawas Madrasah/Sekolah, khususnya di Kabupaten Bintan, mau terus belajar dan mengembangkan kompetensi diri di tengah keterbatasan yang ada. “Walaupun jalan mencari ilmu saat ini sangat terbatas karena masih masa pandemi Covid-19, namun masih dapat dilakukan melalui daring. Hanya saja interaksi pelatihan sangat terbatas, dan peserta harus cepat memahami materi yang disampaikan, belum lagi kendala jaringan internet yang tidak stabil. Tapi itu semua tidak menyurutkan keinginan kami untuk terus belajar demi kemajuan Madrasah di Kabupaten Bintan. Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat.” Pungkas Dartoyo. (dartoyo/amilia)
 

61

Berita Terkait