Minggu 28 Februari 2021

Berita

Pemprov Kepri Gelar Rakor Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19

11-01-2021


* Pemprov Kepri Gelar Rakor Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19

Dompak (Humas)_Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi komunikasi publik vaksinasi Covid-19 di Aula Kantor Gubernur Kepulauan Riau Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin, 11 Januari 2021. 

Hadir dalam kegiatan antara lain Sekda Provinsi Kepulauan Riau Dr. TS. Arif Fadillah, Asisten I Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Dinas Kominfo Kepulauan Riau, Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, Kepala KKP Tanjungpinang, perwakilan Korem 033/WP, perwakilan Kanwil Kemenag Kepri,  dan sejumlah undangan secara online. 

Dalam arahannya Sekda Kepulauan Riau TS. Arif Fadillah mengatakan sejumlah 25.350 dosis  vaksin telah tiba di Tanjungpinang. Sehingga vaksinasinya menurutnya hanya tinggal menunggu petunjuk pusat.  

“Setelah petunjuk pusat diberikan, maka di Kepulauan Riau siap dilaksanakan. Menurut rencana, tanggal 13 Januari 2021 akan dilakukan vaksinasi di pemerintah pusat, baik kepada Presiden maupun para menteri, selanjutnya tanggal 14 Januari 2021 akan diberikan kepada gubernur se Indonesia, dan tanggal 15 Januari 2021 akan diberikan kepada Bupati/ Walikota se Indonesia,” kata Sekda. 

“Perlunya rapat koordinasi adalah agar narasi tentang vaksinasi bisa seragam dan untuk menghindari pemberitaan yang kurang pas. Tugas kita selanjutnya adalah memberikan edukasi yang benar kepada masyarakat bahwa vaksin suci, halal, baik dan bermanfaat. Vaksin untuk menjaga negeri kita,” katanya lagi. 

Sekda lebih lanjut mengatakan sosialisasi kepada masyarakat bertujuan untuk menghindari keraguan. MUI sudah memfatwakan halal tinggal menunggu hasil kajian BPPOM.

“Kepri termasuk lima daerah yang patuh pada protokol kesehatan. Protokol kesehatan harus dijaga. Kawal ketat vaksinasi dan bantu masyarakat untuk hilangkan keraguan. Pemerintah juga fokus pada penangulangan bencana banjir di seluruh Kepri karena ada rumah, jembatan dan jalan yang terputus,” ujar Sekda. 

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kepri, Drs. Zulhendri, M.Si mengatakan kelompok sasaran penerima vaksin diutamakan kepada petugas kesehatan sebagai garda terdepan dalam pemberian layanan kesehatan, TNI/POLRI, aparat penegak hukum dan petugas layanan publik lainnya, tokoh masyarakat/tokoh agama, pelaku perekonomian strategis, perangkat daerah, guru dan tenaga pendidik, aparat pemerintah daerah /pusat dan legislatif, kelompok usia produktif dan berkontribusi pada perekonomian.

Beberapa jenis vaksin yang akan digunakan antara lain Novavak, Pfizer, Covac, Astrazeneca, dan Sinovac.   

Sedangkan strategi komunikasi publik bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik, mendorong penerimaan vaksinasi bagi penerima sasaran, dan meningkatkan kepatuhan terhadap pesan kunci Covid. 


 

68

Berita Terkait