Selasa 07 Desember 2021

Berita

Pembukaan STQH Nasional ke-26, Menag Inginkan STQH Sebagai Sarana Mengenalkan Islam Yang Moderat

17-10-2021


* Pembukaan STQH Nasional ke-26, Menag Inginkan STQH Sebagai Sarana Mengenalkan Islam Yang Moderat

Sofifi (Humas) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tiba di Bandara Sultan Babullah, Ternate, pukul 08.45 WIT, Sabtu, (16/10). Kehadiran Gus Yaqut di Ternate ini untuk membuka gelaran Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI dan beberapa agenda lainnya, seperti peresmian Gedung Zam-Zam dan Gedung Minah di Asrama Haji Transit Ngade.

Malam harinya, perhelatan STQH Nasional ke-26 ini secara resmi dibuka oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang digelar di halaman Masjid Raya Syaful Khairaat, Sofifi. 

Pembukaan STQH ditandai dengan pemukulan tifa secara bersama oleh Menag Yaqut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Ketua LPTQ yang juga Dirjen Bimas Islam, Kamarudin Amin. 

Dalam kesempatan tersebut hadir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Mahbub Daryanto beserta jajarannya, dan seluruh Kepala Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia.

Menag Yaqut menyampaikan STQH Nasional merupakan sarana untuk mewujudkan Islam sebagai agama yang ramah untuk semua umat manusia. Selain itu STQH sarat akan sejarah panjang yang kaya nilai-nilai kearifan lokal. Dia menuturkan Maluku Utara adalah wilayah kesultanan Islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan Islam rahmatan lil ‘alamin.

Yaqut menginginkan STQH Nasional menjadi langkah untuk mengenalkan keislaman yang moderat kepada generasi muda, dengan mendekatkan Al-Qur’an kepada masyarakat luas, dan menggali makna holistiknya untuk dijadikan spirit berbangsa dan bernegara.

"Para insan yang terlibat dalam STQH adalah insan-insan dengan dedikasi terbaik bangsa. Spirit Al-Qur’an telah mendorong para insan Qur’ani untuk bahu membahu mendidik dan melahirkan generasi Islam yang moderat," tutur Menag.

Harapannya dengan pelaksanaan STQH ini, jumlah insan tilawah quran akan semakin bertambah hingga ke pelosok negeri yang merupakan strategis Kementerian Agama dalam penguatan peran agama ditengah kancah pembangunan nasional.
 

92

Berita Terkait