Kamis 09 April 2020
Al-Khomis 15 Sya'ban 1441

Berita

Pembukaan MTQ Tanjungpinang Barat Meriah

19-02-2020


* Pembukaan MTQ Tanjungpinang Barat Meriah

Kemenag TPI (INMAS) Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XIV tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat tahun 2020 berlangsung semarak dan meriah. Kegiatan ini digelar di lapangan Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang,  Senin (17/2). 

MTQ  dibuka langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd. Pelaksanaan MTQ  diawali dengan devile kafilah Kelurahan yang terdiri dari Empat Kelurahan yaitu Kelurahan Kampung Baru, Kelurahan Bukit Cermin, Kelurahan Kemboja dan Kelurahan Tanjungpinang Barat. Acara dilanjutkan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Ustad Duduy Sa’dullah, dilanjutkan dengan pembacaan doá oleh Kepala KUA Tanjungpinang Barat Said Kamaludin. SHI.

Rangkai acara MTQ Kali ini disejalankan dengan Pengukuhan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Tanjungpinang Barat Periode 2020-2025 yang diketuai oleh Bapak Sugiarno yang dikukuhkan langsung oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Tanjungpinang Bapak H. Syahrul, S.Pd yang juga Wali Kota Tanjungpinang. Setelah pengukuhan DMI Kecamatan Acara dilanjutkan dengan Pelantikan Dewan Hakim MTQ Kecamatan Tanjungpinang Barat. dan dilanjutkan dengan laporan panitia pelaksana oleh Muhammad Yatim, S.Sos,MT yang juga Camat Tanjungpinang Barat.

Dalam laporan camat disampaikan bahwa kegiatan MTQ kecamatan Tanjungpinang Barat bermaksud meningkatkan pemantapan nilai-nilai Al-Qur’an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari serta membangun partisipasi aktif umat islam dalam rangka membentuk tatanan masyarakat madani dan genari Qur’ani yang berakhlakul karimah. MTQ kali ini yang dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai tanggal 17 s.d 19 Februari 2020 yang bertempat di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang dengan memperlombakan cabang-cabang anatara lain, 1. Cabang seni baca Al Qur’an Golongan Tartil Al-Qur’an Putra dan Putri, golongan Tilawah Anak-anak Putra dan Putri, Golongan Tilawah Remaja Putra dan Putri, Golongan Tilawah Dewasa Putra dan Putri. 2. Cabang Hafalan al-qur’an  golongan 1 Juz dan tilawah Putra dan Putri. 3 Qasidah / Kompang Dewasa 4. Merawis Remaja dan Astaka Terbaik tingkat kelurahan.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, anggota DPRD Kota Tanjungpinang Dapil I, Bapak Asisten 1, 2 dan 3 Setdako Kota Tanjungpinang, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Tanjungpinang, Bapak Danramil 01 Tanjungpinang, Kapolsek Tanjungpinang Barat, Camat Sekota Tanjungpinang, Ketua MUI dan DMI Kecamatan Tanjungpinang Barat, ketua LPTQ Kecamatan Tanjungpinang Barat, Ketua pengurus DKM Masjid/Mushollah, ketua TPA/TPQ sekecamatan Tanjungpinang Barat, Ketua LPM, Ketua Forum RT/RW dan karang taruna sekecamatan Tanjungpinang Barat.

Sementara itu Walikota Tanjungpinang, dalam sambutannya mengungkapkan  rasa senang dan bangga atas pelaksanaan MTQ Kecamatan Tanjungpinang Barat tahun ini. Selanjutnya, pelaksanaan MTQ ini diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an, sehingga akan muncul generasi Qur’ani di kota tanjungpinang. (said)
 

237

Berita Terkait