Jumat 06 Agustus 2021

Berita

Pelatihan Digitalisasi Arsip Kanwil Kemenag Kepri Resmi Ditutup

18-06-2021


* Pelatihan Digitalisasi Arsip Kanwil Kemenag Kepri Resmi Ditutup

Tanjungpinang (Humas) – Pelatihan Digitalisasi Arsip yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Kepri bersama Pusdiklat Tenaga Administrasi resmi ditutup, Jumat (18/06/2021). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula ini dihadiri oleh Kabag TU H. Abu Sufyan, S.Ag, Ketua Panitia Nursanti, M.Pd, dan Kasubbag Kepegawaian dan Hukum H. Muhammad Widarto, SH serta 32 peserta.

Sebelum acara penutupan, H. Abu Sufyan menyampaikan materi terakhir dalam pelatihan yang bertema Arah dan Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Ia mengatakan arah dan kebijakan pengembangan SDM di Kementerian Agama selalu melekat dengan mekanisme kegiatan organisasi, baik organisasi pemerintahan maupun swasta, hal ini terkait dengan visi dan misi yang telah ditetapkan oleh organisasi itu sendiri.

Adapun peran SDM selalu menjadi tumpuan dan sekaligus aset utama. Oleh karena itu mereka harus selalu mendapat pengetahuan dan pemahaman masalah terkini dengan baik, mempunyai keterampilan yang serba bisa dan memiliki sikap dan perilaku yang baik. Dengan SDM yang berpengetahuan dan berpandangan luas, terampil dan memiliki sikap dan perilaku baik, diharapkan tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik sesuai yang diharapkan.

H. Abu Sufyan menyampaikan SDM Aparatur Kementerian Agama hakekatnya adalah sebagai aset Kementerian Agama yang harus dipelihara dan dipenuhi kebutuhannya dengan baik sehingga tidak hanya berlaku sebagai objek dalam pencapaian organisasi akan tetapi merupakan sebagai subjek.

“ASN sebagai subjek mampu menjalankan tugas pokok dan fungsi yang telah diamanatkan sehingga sangat berperan dalam menentukan tercapai tidaknya tujuan visi misi Kementerian Agama.,” ucapnya.

SDM ASN nantinya diarahkan untuk menjamin penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan secara berdayaguna dan berhasil guna. Keberhasilan pengelolaan visi misi Kementerian Agama sangat ditentukan oleh optimalisasi peningkatan pemberdayaan SDM ASN secara dayaguna dan hasilguna.

“Dayaguna dan hasilguna, maksudnya input dan output harus seimbang. Kerja yang baik harus menghasilkan yang baik pula,” pungkasnya.

Memasuki acara penutupan, H. Abu Sufyan mewakili Kakanwil Kemenag Kepri, Dr. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I, mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih atas pelaksanaan Pelatihan Digitalisasi Arsip di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri. Ia menghimbau bagi peserta yang sudah mendapatkan pelatihan agar meneruskan ilmu yang telah didapat kepada sesama ASN demi pengembangan SDM ASN dan peningkatan kinerja khususnya di Kanwil Kemenag Kepri.

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat bekerja, Insyaallah ilmu ini berkah dan berguna bagi kita semua,” tutupnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada 5 orang peserta diantaranya Nilai Tertinggi pada Pre Test yang diraih oleh Mohammad Syauki dengan nilai 70, Nilai Tertinggi pada Post Test yang diraih oleh Sheilla Nur Setianingsih dengan nilai 90, Peserta Termuda Krismon Tri Damayanti, Peserta Senior Suharti dan Ketua Kelas Pelatihan Al Amri.
 

52

Berita Terkait