Selasa 07 Juli 2020

Berita

Panitia Ibadah Qurban Terbentuk, Penyembelihan Hewan Qurban Sesuai dengan Protokol Kesehatan

30-06-2020


* Panitia Ibadah Qurban Terbentuk, Penyembelihan Hewan Qurban Sesuai dengan Protokol Kesehatan

Tanjungpinang (Humas)-Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri Drs. H. Edi Batara memimpin rapat pembentukan panitia ibadah qurban di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri. Rapat dilaksanakan di Masjid Al Khaif Jalan Daeng Kemboja Km. 15 Tanjungpinang, Selasa (30/6/2020). Hadir dalam rapat seluruh ASN muslim Kanwil Kemenag Kepri.

Dalam rapat tersebut dihasilkan sejumlah keputusan. Terpilih sebagai panitia ibadah qurban antara lain Ketua H. Ali Hasan Hasibuan, Sekretaris Dra. Sutarti, Bendahara Afifah Mardiyah, S.Ag dan ditambah sejumlah seksi.

“Pada tahun ini ibadah qurban dilaksanakan secara berbeda. Di masa pandemi, kita menyelenggarakan ibadah qurban dengan mematuhi Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 31 Tahun 2020,” kata Edi Batara.

Edi menjelaskan, pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dilaksanakan dengan mengikuti prosedur pelaksanaan new normal. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah untuk pencegahan dan pengendalian potensi penularan Covid19 di tempat penjualan hewan qurban dan di tempat pemotongan dengan memperhatikan faktor risiko seperti menjaga jarak fisik, penerapan higien personal, pemeriksaan kesehatan awal,  dan penerapan higien dan sanitasi yang baik.

“Setelah panitia terbentuk secara resmi dengan adanya SK dari Kakanwil, maka saya minta untuk segera berkonsultasi dengan Dinas Kabupaten/ Kota yang membidangi fungsi kesehatan veteriner dan kesehatan hewan serta instansi terkait lainnya agar lebih aman,” ujar Edi Batara.

“Beberapa lokasi penggemukan hewan yang ada di Tanjungpinang dan Bintan bisa kita survey dalam pekan ini, sehingga bisa diketahui harga yang ada di pasaran dengan memperhatikan kondisi hewan qurban. Saya sudah mendapatkan informasi di Desa Lome ada, di Desa Toapaya ada, jadi nanti kita jajaki,” tambahnya.

Edi menambahkan, sesuai dengan pesan Kakanwil, agar pada tahun ini panitia qurban di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri menjalin kerjasama dengan Rumah Zakat di Batam untuk ikut berpartisipasi dalam program mendistribusikan daging hewan qurban dalam bentuk kemasan dalam kaleng.

“Silahkan dijajaki kerjasama yang baik itu, sehingga nanti kita bisa meminta Rumah Zakat untuk mendistribusikan daging qurban dalam kemasan untuk kaum dhuafa yang ada di Kepulauan Riau. Mereka siap untuk membantu dengan mengemas daging qurban dalam kemasan. Rencana kita akan bantu satu ekor sapi. Tentu akan kita diskusikan lagi, jika panitia lengkap sudah terbentuk,” ucap Edi Batara.

“Pekan depan kita putuskan berapa jumlah peserta qurban, dan membahas tugas masing-masing seksi,” pungkasnya.

 

79

Berita Terkait