Minggu 17 Januari 2021

Berita

Novita Lestari, Guru MTsN Lingga Tulis Buku Sihir

25-11-2020


* Novita Lestari, S.Pd.I, Guru MTs Negeri Lingga

(Kemenag Lingga) -- 25 November merupakan momen yang berbahagia bagi insan guru di Tanah Air. Pasalnya hari ini ditetapkan dan diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Kemajuan sebuah bangsa sangat ditentukan oleh pengabdian guru. Tugas berat guru adalah membangun manusia. 

Momen berbahagia juga dirasakan keluarga besar MTs Negeri Lingga. Salah sesorang gurunya atas nama Novita Lestari,S.Pd.I diundang untuk mendapatkan penghargaan sebagai penulis buku. Penghargaan yang sangat istimewa dan membanggakan ini diberikan oleh PGRI Kabupaten Lingga. 

Novita Lestari adalah guru Bahasa Inggris di MTs Negeri Lingga sejak 2019 hingga sekarang. Ia merupakan alumni STAI Mitahul Ulum Tanjung Pinang. 

Wanita yang lahir di Tanjung Pinang, 19 Maret 1993 ini, pernah mengambil studi S2 TESL di UPSI (universiti Pendidikan Sultan Indris) Malaysia. 

Selain mengajar, penulis pun aktif menulis artikel serta karya lain seperti puisi di websitenya novinulis.com. 

Ia juga aktif menggugah video pembelajaran Bahasa Inggris di channel youtubenya.

Menurutnya, tak banyak anak-anak khususnya di Kepri yang memiliki minat untuk mendalami Bahasa Inggris. "Sebenarnya mereka mampu. Hanya saja, sedikit sekali media yang mendukung serta masih rendah motivasi untuk belajar," ungkap Novita Lestari, Rabu(25/11), melalui pesan WA. 

Tergeraklah penulis untuk menulis buku SIHIR (Siswa Mahir) Bahasa Inggris khusus untuk  kelas 7. Buku yang berisi rangkuman serta trik-trik menguasai materi Bahasa Inggris. Selain itu, dilengkapi dengan latihan-latihan yang menarik. 

"Semoga bisa bermanfaat bagi peserta didik dan guru kelas 7 yang mengajar. Kedepannya saya juga akan membuat khusus kelas 8 dan 9," janjinya bersemangat. 

Kepala Kemenag Lingga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Novita Lestari. "Kedepan, dunia pendidikan sangat membutuhkan guru penulis dan guru pembelajar. Budaya literasi menjadi modal utama dalam pendidikan," kata H Muhammad Nasir, S.Ag,MH.

"Literasi digital menuntut semua orang untuk melek teknologi dan mampu memanfaatkannya. Literasi tidak hanya sekedar membaca teks,tapi juga harus mampu membaca keadaan sekitar," tambahnya. 

Harus menjadi motivasi bagi guru yg lain untuk menulis dan berkarya. Jadikan Guru menulis sebagai visi dan budaya literasi untuk persaingan mutu ke depan. 

"Selamat atas karyanya dan teruslah menulis. Menulis itu tanda orang berfikir. Sekali lagi sukses buat guru-guru hebat di Lingga. Selamat Hari guru nasional 2020," tandasnya.

Kepala MTs Negeri Lingga turut memberikan apresiasi atas karya Novita Lestari. "Semoga bisa menular semangat menulis baik kepada saya dan guru-guru yang lain," ujar Rita Ningsih,S.Pd. (zaid)

340

Berita Terkait