Selasa 20 Oktober 2020

Berita

NGOPI Kemenag Bintan Bahas Pentingnya Menjaga Iman

16-10-2020


* NGOPI Kemenag Bintan Bahas Pentingnya Menjaga Iman

(Kemenag Bintan) – Jumat (16/10/2020), kegiatan NGOPI (Ngobrol Perkara Iman) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan kali ini diisi oleh Staf KUA Kecamatan Gunung Kijang, Wariyat. Di hadapan jajaran pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Wariyat memaparkan tentang pentingnya menjaga iman.

“Perkara iman perlu sama-sama kita pahami bersama. Iman mudah didapat namun sulit untuk dijaga. Iman perlu kita pelihara karena iman adalah harapan kita dalam mendapatkan rida Allah SWT.” Ucapnya.

“Karena dengan iman saja masih dapat berpeluang berbuat maksiat ataupun lalai dalam melaksanakan ibadah. Perkara agama bukan hanya urusan mubaligh tapi tugas kita semua.” Tegasnya.

Wariyat menceritakan sebuah kisah bahwa ada mualaf namun terdapat kekurangan dalam pembinaannya sehingga mualaf tersebut setelah mengikrarkan syahadat namun tetap tidak menjalankan perintah agama. Ia menambahkan bahwa peristiwa perpindahan agama dari agama lain menjadi islam banyak juga terjadi di Kecamatan Gunung Kijang, namun ia tetap mengkhawatirkan akan tidak tercovernya pembinaan keagamaan yang dilakukan oleh umat Islam di sekitarnya.
 
“Perkara iman sangat rawan. Dahulu pernah ada seorang mualaf yang kemudian ia pindah ke tempat lain, lalu kemudian ia jatuh sakit dan meninggal. Dikarenakan umat Islam di sekelilingnya kurang begitu perhatian sehingga tidak mengetahui jika ia sudah beragama Islam sehingga ia dikebumikan dengan tata cara agama sebelumnya, namun tak lama keluarganya mengetahuinya dan mengulang prosesinya dari awal.” Paparnya.

Wariyat menyebutkan bahwa doa keselamatan yang dipanjatkan setiap hari yaitu “Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddini wa'afiatan filjasadi waziyadatan fil'ilmi wabarokatan firrizki wataubatan qablalmauti warahmatan 'indalmauti wamaghfiratan ba'dal mauti, Allahuma hawwin 'alaina fisakaraatil mauti, wanajaatan minannaari wal afwa indal hisaabi, tidak dapat menyelamatkan jika tidak mengerjakan perintah Allah dengan benar.

“Mari menjaga dan menabung asset dunia dan akhirat, yaitu iman dan amal. Kita semua akan balik ke alam akhirat, jadi iman ini harus dijaga. Salah satunya dengan menjaga salat. Orang yang salat akan diberikan hidup yang berkah, dimudahkan proses sakaratul maut, dibebaskan azab kubur, dihidupkan kembali dalam keadaan bahagia, dimudahkan dalam menjalani jebatan shiratal mustaqim, dan dimudahkan ketika dihisab di Yaumul Hisab.” Pungkasnya. (amilia)
 

 

59

Berita Terkait