Senin 24 Februari 2020
Al-Itsnain 29 Jumadil Akhir 1441

Berita

NGOPI Jumat Kemenag Bintan Bahas Ibadah Sunnah Sebagai Wujud Rasa Syukur

24-01-2020


* NGOPI Jumat Kemenag Bintan Bahas Ibadah Sunnah Sebagai Wujud Rasa Syukur

(Kemenag Bintan) – Jumat pagi (24/01/2020), jajaran Kantor Kemenag Bintan mengadakan kegiatan rutin NGOPI (Ngobrol Perkara Iman) di Surau Al Muhajirin. Pada hari ini, yang menjadi giliran mengisi tausiyah adalah dari Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren; Drs. H. Ulil Amri yang mengangkat tema Ibadah Sunnah Sebagai Wujud Rasa Syukur.

Dalam tausiyah singkatnya, Ulil mengatakan bahwa ibadah shalat merupakan perwujudan dari rasa syukur  atas nikmat Allah SWT. Seperti isi hadist yang menyebutkan bahwa “jika kamu bersyukur maka akan kami tambahkan (nikmat), jika kamu ingkar maka siksa-Ku amat pedih.” Ucap Ulil.

Kemudian Ulil mengajak untuk memperbanyak ibadah shalat sunnah. “Ibadah sunnah contohnya shalat sunnah adalah sebagai penyempurna ibadah wajib, karena siapa tahu ibadah shalat wajib kita yang dilakukan 5 kali dalam satu hari tersebut ada yang belum sempurna.” Ujarnya.

“Maka dari itu, perbanyaklah shalat sunnah. Ada shalat sunnah yang mungkin hanya dilakukan satu kali seumur hidup, yaitu shalat tasbih. Shalat tasbih ini jika dilakukan dengan ikhlas dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.” Kata Ulil lagi.

Selain itu, Ulil juga menyampaikan tentang 5 perkara dalam menjaga hati yaitu membaca quran dan maknanya, menjalankan shalat malam, berkumpul dengan orang yang sholeh, berpuasa, dan memperbanyak berzikir. Menurut Ulil, dengan menjaga 5 perkara Menjaga hati ini dapat membantu menjaga keistiqomahan dalam menjalankan ibadah sunnah sebagai wujud rasa syukur. (amilia)

107

Berita Terkait