Jumat 19 Juli 2019
Al-Jumuah 16 Dzulka'dah 1440

Berita

Musim Haji 1440 H Jamaah Haji Lingga di Kloter I

02-04-2019


* H.M.Nasir,S.Ag, M.H sedang mengikuti Rapat Penyusunan Kloter di Aula SISKOHAT Batam

(Kemenag Lingga) – Kepala Kemenag Lingga, H.M.Nasir,S.Ag,M.H menyampaikan jemaah haji asal Kabupaten Lingga yang diberangkatkan dari Embarkasi Batam tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1. Nantinya, akan bergabung dengan jamaah asal Batam, Natuna dan Anambas.

Demikian disampaikannya melalui WA, usai mengikuti Rapat Koordinasi Penyusunan Kloter Provinsi 1440 H/ 2019 M di Aula SISKOHAT Batam,Senin(1/4) kemarin.

“Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan manasik di kabupaten/kota. Saya berharap calon jamaah sudah mempersiapkan diri, baik mental maupun fisik. Atur pola makan, istirahat yang cukup dan perbanyak ibadah. Tentunya, kesiapan dari calon jamaah itu sendiri menjadi faktor utama penentu sukses penyelenggaraan haji,"katanya

Sementara itu Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Lingga, Abdurokhman menyampaikan tentang proses perekaman biometrik bagi jamaah. "Kita sedang menunggu informasi secara resmi melalui surat dari Kanwil tentang jadwal perekaman biometrik. Semoga dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan. Apakah mobile di Lingga ataukah calon jamaah ke Batam. Kita minta kepastian secepatnya, karena kita butuh koordinasi dengan jamaah dan Pemerintah Daerah,"jelas Rokhman.

Pramanasik sudah dilaksanakan oleh para jamaah secara mandiri di 2 kecamatan bekerjasama dengan pengurus Masjid Az Zulfa, Masjid Sultan dan Al Aula. "Mereka inisiatif sendiri bekerjasama dengan pengurus masjid. Pada prinsipnya kita sangat mendukung,"ungkapnya.

"Untuk manasik di Kementerian Agama, baik di tingkat KUA 8 (delapan) kali pertemuan maupun tingkat Kemenag 2 (dua) kali pertemuan kita masih menunggu anggaran dari PKOH. Kepada jamaah selalu jaga kesehatan dan olah raga teratur. Karena ibadah haji merupakan ibadah fisik. Mengingat rencana perjalanan haji akan dimulai tanggal 6 Juli 2019 masuk ke Asrama Haji secara nasional,"tutup Rokhman. (zaid)

212

Berita Terkait