Minggu 17 Januari 2021

Berita

Musholla Pulau Kojong Segera Dibangun

08-11-2020


* Lokasi Musholla

(Kemenag Lingga) -- Menurut data bahwa Masjid dan Musholla di Provinsi Kepulauan Riau  sampai dengan saat ini berjumlah 3.310. Adapun rincian Masjid Raya 1, Masjid Agung 5, Masjid Besar 60, Masjid Jami 1.666, Masjid Bersejarah 6, Masjid di tempat publik 101 sehingga berjumlah 1.839 ditambah dengan jumlah mushalla sebanyak 1.471. 

Pada zoom meeting beberapa waktu lalu, di sesi tanya jawab, Abdurokhman dan Muhammad Amin dari Kementerian Agama Kabupaten Lingga menyampaikan masukkannya agar dibangun mushalla di Pulau Kojong, tempat bermukim suku laut Kabupaten Lingga. Karena didaerah tersebut belum ada mushalla dan semua penduduk suku laut ini beragama Islam. Daerah ini dihuni oleh 14 Kepala Keluarga dengan 32 jiwa.

Mendengar berita ini, langsung direspon positif oleh Bapak Direktur Urais dan Binsyar agar Kemenag Kabupaten Lingga segera mengajukan proposal bantuan masjid.

Kepala Kemenag Lingga menyambut dan menerima langsung kedatangan Tim verifikasi bantuan dari Kemenag Pusat. "Kami mengucapkan terima kasih atas respon dari pusat. Masyarakat Pulau Kojong sangat butuh layanan agama. Semoga musholla segera terbangun," kata H M Nasir, S.Ag, MH, Sabtu(7/11) . 

"Musholla nanti selain sebagai fasilitas ibadah juga bisa dijadikan pusat kegiatan belajar. Masyarakat bisa memanfaatkan dan merasakan dengan terbangunnya musholla Al Ikhlas," sambungnya. 

ayasan Kajang, Tim Bimas Islam Kemenag Lingga langsung gerak cepat menyiapkan proposal. Syarat utama pendirian musholla adalah wajib tersedianya lahan. Berdasarkan diskusi panjang dan perundingan, dapat lah hibah lahan musholla dari salah seorang ahli waris H. Daud, yakni Muslim yang bertempat tinggal di Desa Musai.

Menurut Muslim bahwa tanah Pulau Kojong dikuasai oleh moyangnya itu tercatat tahun 1909. "Kami menghibahkan tanah ini untuk pembangunan musholla seluas 30 x 30 meter persegi. Semoga lahan ini bermanfaat dan musholla segera dibangun," ungkap Muslim.

"Kita kirimkan alfatihah untuk almarhum agar harta yang ditinggalkannya ini menjadi amal jariyah untuk almarhum. Menjadi penyelamat dan pemberat timbangan amal kebaikannya di akhirat," doanya lagi.

Pengurus Yayasan Kajang, ahli waris, tim verifikasi bantuan Masjid dari Kemenag Pusat bersama Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Kepri bertolak ke Pulau Kojong, Sabtu, 7 November 2020.

Menurut Kasi Urais Binsyar Kanwil bahwa kedatangan tim verifikasi bantuan dari Kemenag Pusat akan melihat langsung kesiapan lahan pembangunan. "Semoga dalam waktu dekat bantuan dapat dicairkan. Kita tunggu saja bagaimana hasil monitoring," jelas Ali Hasan Hasibuan.

Kata Dadang Juanda lahan sudah layak dan masyarakat memang sangat membutuhkan musholla. "Kita harapkan tidak ada kendala dalam pencairan. Masyarakat suku laut sangat membutuhkan,"ungkap pelaksana kemasjidan Kemenag Pusat ini.

Yusuf, ketua RT Pulau Kojong mengucapkan terima kasih atas bantuan yang akan diberikan oleh Kemenag Pusat. "Sudah lama masyarakat di sini menantikan musholla. Semoga melalui bantuan ini musholla akan selesai dan siap dipakai," kata Yusuf didampingi Usman dan Dar, warga Pulau Kojong.

Wawan Daek bersama Sertu Indra Ramon langsung membawa tukang ke lokasi musholla. "Akan kita gesa pembangunannya. Tentu kita semua berdoa dalam waktu yang tidak begitu lama akan selesai,"harap Wawan.(zaid)

80

Berita Terkait