Kamis 26 November 2020

Berita

MUI, BAZNAS dan Kemenag Kab. Karimun Rapat Bersama Bahas Ketentuan Zakat Fitrah dan Zakat Harta 1441 H/2020 M

09-04-2020


* MUI, BAZNAS dan Kemenag Kab. Karimun Rapat Bersama Bahas Ketentuan Zakat Fitrah dan Zakat Harta 1441 H/2020 M

*MUI, BAZNAS dan Kemenag Kab. Karimun Rapat Bersama Bahas Ketentuan Zakat Fitrah dan Zakat Harta 1441 H/2020 M*

Karimun (Humas) -  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, BAZNAS Kabupaten Karimun dan MUI Kabupaten Karimun, Kamis pagi (9/4/2019) bertempat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun menggelar rapat bersama membahas kesepakatan bersama tentang Petunjuk Teknis Ketentuan Zakat Harta dan Zakat Fitrah, Qodho, Fidyah dan Kafarat Puasa Ramadhan dalam Wilayah Kabupaten Karimun tahun 1441 H/2020 M.


“Rapat ini untuk membahas tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Ketentuan Zakat Harta dan Zakat Fitrah, Qodho, Fidyah dan Kafarat Puasa untuk tahun 1441 H/2020 M..” Kata H. Samsudin Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Karimun saat ditemui usai rapat. Kamis pagi (9/4/2019)


Tampak hadir dalam rapat tersebut yang mewakili MUI Kabupaten Karimun H. M. Rasyid Nur, BAZNAS Kabupaten Karimun diwakili H. Endang Sry Wahyu didampingi pengurus BAZNAS, Endro Haryanto dan dari Kantor Kemenag Kabupaten Karimun diwakili Penyelenggara Zakat dan Wakaf H. Samsudin dan staf Abdul Haris


“Dan hasil rapat tadi sudah memutuskan kesepakatan bersama antara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, BAZNAS Kabupaten Karimun dan MUI Kabupaten Karimun, tentang Kesepakatan Bersama tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Ketentuan Zakat Harta dan Zakat Fitrah, Qodho, Fidyah dan Kafarat Puasa tahun 1441 H/2020 M. Dan Insya Allah, beberapa hari kedepan, hasil kesepakatan akan diedarkan ke masyarakat.” Kata H. Samsudin lagi.


Diantara kesepakatan tadi, jelas H. Samsudin bahwa untuk Zakat Harta (Zakat Mal) sudah bisa dikumpulkan dan didistribusikan sebelum ramadhan namun teknisnya akan diatur kemudian oleh BAZNAS Karimun, sedangkan untuk zakat fitrah tetap dilaksanakan seperti biasa mulai dari awal ramadhan sampai sebelum khatib selesai membaca khutbah pada shalat Idul Fitri.


Masih menurut keterangan H. Samsudin, hasil Kesepakatan Bersama ini akan diedarkan kepada masyarakat melalui KUA Kecamatan untuk disebarkan ke masjid-masjid yang ada di kecamatan untuk dijadikan pedoman oleh Amil Zakat. (Pranata Humas)

832

Berita Terkait