Minggu 20 Juni 2021

Berita

MTs Tambelan Serahkan Uang Santunan Anak Yatim Pada Momen Ramadan 1442 H

10-05-2021


* MTs Tambelan Serahkan Uang Santunan Anak Yatim Pada Momen Ramadan 1442 H

(Kemenag Bintan) – Sabtu (8/5/2021), menjelang akhir Ramadan 1442 H, MTs Tambelan melakukan santunan Anak Yatim dengan membagikan donasi uang kepada 40 anak Yatim-Piatu. Anak Yatim yang menerima uang santunan tersebut merupakan siswa-siswi MTs Tambelan dan SD Negeri se- Kecamatan Tambelan.

Uang yang didonasikan merupakan hasil donasi dari beberapa donatur. Dalam hal ini MTs Tambelan bergerak sebagai perpanjangan tangan penyerahan santunan. Pembagian uang santunan dilaksanakan pada sore hari pukul 17:00—17:45 WIB, tepat menjelang berbuka puasa. Pembagian dilakukan secara door to door oleh Kepala MTs Tambelan, Fatahur Ridha, ke rumah masing-masing Kepala SDN se- Kecamatan Tambelan.

“Nantinya, Kepala Sekolah masing-masing yang menyerahkan uang santunan tersebut kepada siswa/i mereka yang Yatim-Piatu. Walaupun jumlah uang santunan yang mereka dapatkan tida lah banyak tetapi mudah-mudahan dapat membawa berkah serta bisa memberikan manfaat bagi mereka,” harap Ridha.

Ridha mengutarakan alasan pembagian uang santunan secara 2 tahap dan tidak langsung adalah karena di masa pandemi ini terdapat beberapa warga Tambelan yang dinyatakan positif Covid-19. “Maka dari itu kami pihak MTs Tambelan harus turun langsung ke lapangan untuk menitipkan kepada masing-masing Kepala Sekolah atau gurunya agar mereka menyerahkan langsung kepada penerima,” ungkapnya.

Menurut Ridha, pembagian uang santunan anak Yatim-Piatu tersebut berdasarkan isi dari Q.S. Al-Maun:1—3 yaitu, Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak Yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. “Keutamaan menyantuni anak Yatim-Piatu di bulan Ramadan juga diriwayatkan oleh HR. Al Bukhari yang berisi, Rasulullah Saw. bersabda, Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini (Lalu beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengahnya, serta agak merenggangkan keduanya, yang berarti dekat sekali,” kata Ridha.

Setelah pembagian uang santunan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama beberapa para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MTs Tambelan di Surau Al Ikhsan. Kemudian, mereka melaksanakan ibadah salat maghrib berjamaah di surau madrasah tersebut. Kegiatan buka puasa bersama ini dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan mencuci tangan dengan sabun.

“Kegiatan buka puasa bersama ini dilakukan dengan harapan agar bisa menambah rasa saling menyayangi, memperat tali silaturahmi, dan sebagai bentuk rasa kebersamaan di antara para tenaga pendidik serta tenaga kependidikan MTs Tambelan,” ujar Ridha kepada Humas Kantor Kemenag Bintan. (ridha/amilia)
 

70

Berita Terkait