Minggu 17 Januari 2021

Berita

MTs Miftahul Ulum Kawal Rayakan Maulid Nabi SAW 2020 dengan Lomba Pidato

26-11-2020


* MTs Miftahul Ulum Kawal Rayakan Maulid Nabi SAW 2020 dengan Lomba Pidato

(Kemenag-Bintan) – MTs Miftahul Ulum (MU) Kawal menyelenggarakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Senin (23/11/2020). Dalam menyemarakkan peringatan peristiwa hari lahir Nabi Muhammad SAW jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah tersebut, MTs MU Kawal mengadakan Lomba Pidato yang bertemakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara ini digagas oleh Kepala MTs MU Kawal: Adrian Riadi, S.Pd serta seluruh majelis guru. Mereka menentukan bahwa Siswa-siswi yang mengikuti Lomba Pidato berasal dari kelas 7 dan kelas 8. Masing-masing perwakilan terdiri dari 2 orang putra dan putri. Berdasarkan penuturan Adrian, mereka sangat antusias mengikuti lomba, namun tak kalah antusiasnya yaitu wali kelas yang memberikan dukungan yang sangat luar biasa.

Kepala Madrasah MTs MU Kawal, Adrian menyampaikan bahwa tujuan atau manfaat dari acara ini adalah agar Keluarga Besar MTs MU Kawal dapat bersama-sama mentauladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW melalui Lomba Pidato, serta menambah wawasan yang sangat luar biasa. Adapun manfaat bagi siswa/i yang mengikuti lomba ini adalah untuk menunjukkan bakat dan meningkatkan kreativitas dalam berpidato. Lebih lanjut, jika kegiatan ini dapat diadakan setiap tahunnya, maka akan dapat menemukan siswa/i yang benar-benar memiliki bakat dalam berpidato.

“Pelajaran luar biasa yang dapat kita ambil dari peringatan Maulid Nabi di setiap tahunnya yaitu bahwa Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah, suri teladan, berakhlak mulia yang wajib kita ikuti sebagai umatnya. Salah satu akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam situasi saat ini ialah peduli terhadap lingkungan sekitar seperti Pandemi saat ini, kita dapat menangani masalah pandemi ini dengan kebersamaan, tidak bisa sepihak hanya.” Tutur Adrian.

“Pada pelaksanaan acara Lomba Pidato ini, MTs. MU Kawal tidak lupa untuk tetap mematuhi Protokol Pencegahan Penularan Covid-19. Jumlah siswa sebagai peserta lomba adalah 14 orang ditambah dengan beberapa Guru. tetap menggunakan masker dan perlengkapan yang lain dalam pencegahan Covid-19 selama berjalannya acara.” Imbuh Adrian.

Seperti yang telah diketahui, perayaan Maulid Nabi sudah menjadi tradisi yang berkembang di masyarakat islam. Peringatan ini menjadi sebuah penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.  Dalam penyelenggaraan dibutuhkan susunan acara Maulid Nabi yang benar, agar semua bisa berjalan dengan baik dan lancar, terutama pada kondisi pandemi Covid-19 yang hampir satu tahun melanda Indonesia. (adrian/amilia)
 

113

Berita Terkait