Rabu 06 Juli 2022

Berita

MTs BABURRAHMAH IKUT SUKSESKAN BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL 2022

25-05-2022


* MTs BABURRAHMAH IKUT SUKSESKAN BULAN IMUNISASI ANAK NASIONAL 2022

MTs Baburrahmah ( HUMAS ) - Rabu (25/5/2022), tim medis dari UPTD Puskesmas Kecamatan Bunguran Tengah mengunjungi MTs Baburrahmah dalam kegiatan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) tahun 2022. BIAN dilakukan karena telah terjadi penurunan cakupan imunisasi anak. Berdasarkan data rutin terbaru Kementerian Kesehatan RI cakupan imunisasi dasar lengkap telah menurun secara signifikan sejak awal pandemi COVID-19, dari 84,2% pada tahun 2020 menjadi 79,6% pada tahun 2021.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh tim UPTD Puskesmas kecamatan Bunguran Tengah Yanti, pada kegiatan sosialisasi mengenai Bulan Imunisasi Anak Nasional (BAIN) yang dilaksanakan pada hari Selasa, 24 Mei 2022 di aula kantor Camat Bunguran Tengah. Dikatakan juga, faktor yang mempengaruhi penurunan cakupan imunisasi anak antara lain gangguan rantai pasokan vaksin, aturan pembatasan kegiatan, dan berkurangnya ketersediaan tenaga kesehatan, yang menyebabkan penghentian sebagian layanan vaksinasi pada puncak pandemi COVID-19.

Imunisasi yang diberikan pada kegiatan BIAN ini adalah imunisasi tambahan campak rubella. Dosis imunisasi yang digunakan adalah  yang memang diberikan untuk sasaran anak yang telah berusia 9 bulan s.d. 15 tahun.“ Harapannya imunisasi ini dapat melindungi anak dari penyakit dengan pencegahan melalui pemberian imunisasi, kekebalan tubuh terbentuk, sehingga pada akhirnya bisa mencapai eliminasi Campak-Rubela,” ungkap Yanti.

Kegiatan BIAN di MTs Baburrahmah dimulai dari  pukul 09.15 WIB s.d. selesai. Pada saat imunisasi dilakukan masing-masing wali kelas turut mendampingi siswa-siswi mereka.
Hadiatus Sa’adah selaku Kepala MTs Baburrahmah mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim dari Puskesmas Kecamatan Bunguran Tengah yang telah melakukan pemeriksaan  sehingga kesehatan untuk para siswa dapat terpantau. “Alhamdulillah MTs Baburrahmah dapat ikut menyukseskan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. (HUMAS MTs BABURRAHMAH)

59

Berita Terkait