Minggu 17 Januari 2021

Berita

MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT Dalam Rangka Hari Santri Nasional 2020 Resmi Ditutup oleh Pjs. Bupati Bintan

26-11-2020


* MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT Dalam Rangka Hari Santri Nasional 2020 Resmi Ditutup oleh Pjs. Bupati Bintan


(Kemenag Bintan) – Rabu (25/11/2020), Pjs. Bupati Bintan: Drs. Buralimar, M.Si. menutup secara resmi rangkaian kegiatan MTQ Santri Pondok Pesantren/TPQ/MDT dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020 tingkat Kabupaten Bintan.  Bertempat di Halaman Kantor Kemenag Bintan, Buralimar mengetuk sebanyak 5 kali sebagai pertanda usainya pagelaran MTQ Santri.

Kehadiran Pjs. Bupati Bintan ini turut didampingi oleh pejabat terkait dari Pemerintah Daerah Bintan antara lain Asisten I Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Bintan dan Kabag Kesra Setda Bintan. Hadir pula perwakilan Pengurus FKPP/FKPQ/FKDT se- Kabupaten Bintan, dan para pemenang dan official yang mendampinginya.

Dalam sambutannya, Buralimar mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba, terutama kepada Kecamatan Bintan Timur yang pada saat itu keluar sebagai Juara Umum. Ia berharap semua peserta yang mengukir prestasi pada ajang Hari Santri ini dapat terus meningkatkan sekaligus mempertahankan kemampuannya masing-masing.

“Saya mengapresasi kinerja Kepala Kemenag Bintan yang tidak hanya merangkul hal yang bersifat keagamaan tetapi juga memadukan dan menggerakan dunia seni dan menulis dalam setiap kegiatannya.” Ucap Buralimar.

Di momen tersebut, Buralimar juga mengingatkan kepada hadirin terutama Pimpinan dan Pengasuh Santri Ponpes untuk mengutamakan clean (Kebersihan), health (Kesehatan), safety (Keamanan), dan surveillance (Pengawasan) dalam menjalankan aktivitasnya di masa pandemi Covid-19. “Tetap jaga Protokol Pencegahan Penularan Covid-19, jangan keluar masuk asrama Ponpes, berikan pemahaman kepada kedua belah pihak baik Santri dan Wali Santri untuk mengurangi dan membatasi waktu menjenguk anaknya sampai 3 bulan, memang berat tapi ini harus dilakukan demi kebaikan bersama.” Katanya.

Buralimar juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan kualitas dan prestasi Kafilah Bintan pada MTQ yang akan datang. Lebih serius, ia berharap pendampingan dan kegiatan dalam rangka pendidikan kemampuan keagamaan Islam yang sesuai dengan Cabang lomba MTQ, tidak hanya tergantung di Kantor Kemenag Bintan, tetapi tiap OPD ataupun organisasi agama islam juga mendukung upaya ini agar suasana MTQ terus menerus dapat dilaksanakan di Bintan guna menghasilkan Qori-Qoriah yang mewakili pada MTQ tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

“Sebagai catatan, pada MTQ Nasional di Sumatera Barat, Kafilah Bintan hanya 2 orang saja, setidaknya 10 orang. Kendati demikian, alhamdulillah 2 orang tersebut berhasil mendapat juara.” Infonya sebelum kemudian mengakhiri sambutan dengan menutup kegiatan MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT Tingkat Kabupaten Bintan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2020 tersebut.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional 2020 di Kabupaten Bintan dimulai dengan Upacara Bendera Hari Santri dan istighotsah bersama di Kantor Bupati Bintan pada tanggal 22 Oktober 2020 lalu. Kemudian dilaksanakan MTQ Santri Ponpes pada tanggal 26-27 Oktober 2020 di Auditorium Razali Jaya STAIN SAR Kepri, dan MTQ Santri TPQ/MDT pada tanggal 06 November 2020 yang bertempat di Kantor Kemenag Bintan.

Momen penutupan MTQ Santri tersebut sekaligus untuk penyerahan hadiah bagi para pemenang. Terdapat 11 Cabang yang dilombakan pada MTQ Santri Ponpes/TPQ/MDT ini. Cabang-cabang yang dilombakan sendiri dipisah menjadi 2 peruntukan yaitu untuk Santri Ponpes dan Santri TPQ/MDT. Cabang lomba MTQ Santri Ponpes antara lain Cabang Puisi islami, Cabang Syarhil Quran Putra Putri, Cabang Tahfizul Quran untuk 1, 3, dan 5 Juz Putra Putri, Cabang lomba Yel-Yel Santri antar Ponpes, dan Cabang lomba Kaligrafi golongan Naskah. Sedangkan Cabang lomba MTQ Santri TPQ/MDT melombakan Cabang Tahfizul Quran Juz 30 dan Tilawah, Cabang Tartil Quran, Cabang Dai Cilik, dan Cabang Baca Puisi Islami. (amilia)
 

103

Berita Terkait