Selasa 07 Juli 2020

Berita

Minimnya Pemahaman Akses Internet, MIN 1 Bintan Laksanakan Pembagian Rapor Siswa Secara Langsung

29-06-2020


* Minimnya Pemahaman Akses Internet, MIN 1 Bintan Laksanakan Pembagian Rapor Siswa Secara Langsung

(Kemenag Bintan) – Sabtu (27/06/2020) pukul 08:00 WIB, MIN 1 Bintan melaksanakan pembagian rapot siswa kelas 1 sampai kelas 5. Pembagian rapot kali ini sedikit berbeda dengan sebelumnya dikarenakan kondisi Covid-19 yang masih mewabah.

Madrasah yang beralamat di Desa Berakit Kecamatan Teluk Sebong tersebut  membagikan rapor di tempat terbuka, tidak mengumpulkan wali murid dalam suatu ruangan seperti biasa. Meskipun  Pemerintah membolehkan dan menyarankan pembagian rapot dilakukan secara online, namun MIN 1 Bintan memilih membagikannya secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal ini dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembagian rapor secara online di wilayah tersebut.

Selaku Kepala MIN 1 Bintan, Ridwan, S.Pd, I. menjelaskan keputusan pembagian rapor siswa secara langsung dikarenakan terkendala pada aksesibilitas internet disana.”Alhamdulillah kami tetap dapat melaksanakan pembagian rapor, walaupun Pemerintah menghimbau agar dilakukan secara online namun kami dengan berat hati tidak bisa merealisasikannya dikarenakan minimnya pemahaman wali murid dalam mengakses internet disini dan masih banyak wali murid yang tidak memiliki gawai android.” Ucap Ridwan.

“Walaupun dilaksanakan secara langsung, prosesi pembagian rapor tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, serta mengukur suhu tubuh sebelum masuk ke area madrasah. Selain itu pembagian rapor dilakukan secara singkat tanpa perlu mengumpulkan massa dalam waktu yang lama.” Papar Ridwan lebih lanjut.

Keputusan ini disetujui oleh wali murid, sebagian besar mereka merasa berat jika pembagian rapor dilakukan secara online atau daring. Seperti yang disampaikan  wali murid dari Ananda Syifa, murid kelas 1 MIN 1 Bintan. Ia merasa bersyukur dapat menerima rapor anaknya di masa New Normal pandemi Covid-19. “Saya menilai sekolah ini belum mampu melakukan pembagian rapor secara online, khususnya warga Desa Berakit karena masih banyak yang belum mampu mengakses internet, sehingga wajar keputusan ini yang dipilih, yang terpenting tetap mengikuti protap yang berlaku demi menjaga keselamatan diri dan orang lain.” Ungkapnya. (nanda/amilia)

61

Berita Terkait