Sabtu 19 Oktober 2019
As-Sabt 19 Syafar 1441

Berita

MIN 2 Karimun Mulai Terapkan Program Sekolah Ramah Anak (SRA)

18-07-2019


* Kepala Madrasah MIN 2 Karimun bersama Guru menyambut siswa yang baru tiba di Madrasah

Karimun (Inmas) -- Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Karimun mulai tahun pelajaran 2019/2020 ini mulai menerapkan Program Sekolah Ramah Anak (SRA). Hal ini diantaranya terlihat dengan kegiatan Kepala Madrasah bersama guru yang menyambut siswa yang tiba di madrasah dengan salaman dan senyuman. Sementara orang tua siswa hanya diizinkan mengantar anak-anaknya di depan pintu gerbang Madrasah.

Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah satuan pendidikan formal, nonformal dan informal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di pendidikan.

Di MIN 2 Karimun dalam menerapkan SRA mempunyai yel-yel Sekolah Ramah Anak yakni “Siswa Senang Guru Tenang Orang Tua Bahagia” dengan maksud agar guru, siswa dan orang tua yang mengantar anaknya ke Madrasah terjalin keharmonisan, keakraban dan aura Positif dengan memberi semangat ke anak sehingga anak siap untuk mengikuti proses belajar mengajar di Madrasah dengan hati yang bahagia.

Kedepannya Program ini terus dikembangkan dan akan dapat berjalan dengan adanya kerjasama seluruh instansi pemerintah yang terkait khususnya untuk pemenuhan hak dan perlindungan siswa selama berada di madrasah melalui upaya mewujudkan madrasah yang bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri dan nyaman.” Ungkap Kepala Madrasah Min 2 Karimun, Sri Harimini, Selasa (16/7/2019).

Adapun tujuan dari SRA ini 10 yakni;
 

  1. Mencegah kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya
  2. Mencegah anak mendapatkan kesakitan karena keracunan makanan dan lingkungan yang tidak sehat
  3. Mencegah kecelakaan di sekolah yang disebabkan prasarana maupun bencana alam
  4. Mencegah anak menjadi perokok dan pengguna napza
  5. Menciptakan hubungan antar warga sekolah yang lebih baik, akrab dan berkualitas
  6. Memudahkan pemantauan kondisi anak selama anak berada di sekolah
  7. Memudahkan mencapai tujuan pendidikan
  8. Menciptakan lingkungan yang hijau dan tertata
  9. Ciri khusus anak menjadi lebih betah di sekolah
  10. Anak terbiasa dengan pembiasaan- pembiasaan yang positif

Reporter/Penulis: Muntazhir
Editor: Hatiman
 

197

Berita Terkait