Kamis 13 Mei 2021

Berita

MIN 1 Bintan Berakit Gelar Pesantren Kilat Ramadan 1442 H

19-04-2021


* MIN 1 Bintan Berakit Gelar Pesantren Kilat Ramadan 1442 H

(Kemenag Bintan) – Senin, 19/4/21), MIN 1 Bintan menggelar pesantren kilat pada bulan Ramadan 1442 H. Sesuai namanya, Pelaksanaan pesantren kilat di MIN tertua se- Provinsi Kepulauan Riau ini hanya dilakukan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 15—17 April 2021 dengan bertempat di Aula MIN 1 Bintan.

Pada tahun kedua Ramadan di masa pandemi Covid-19, pelaksanaan pesantren kilat dilakukan secara tatap muka dari pukul 08:00—10:00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan dihadiri oleh 42 peserta, antara lain siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 22 orang dan kelas V berjumlah 20 orang .

Pada pelaksanaannya, setiap peserta diwajibkan memakai baju kurung selama mengikuti pesantren kilat yang berlangsung pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu. Sabaruddin selaku Bendahara dan salah satu pengisi kegiatan mengatakan, meskipun pesantren kilat ini dilaksanakan kurang lebih tiga hari, akan tetapi kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan pengetahuan dan membentuk karakter generasi muda tentang ajaran Islam.

“Materi-materi yang diberikan kepada anak-anak adalah materi moderasi beragama sesuai dengan mandat Menteri Agama RI, dan Penguatan Pendidikan Karakter, seperti mengenai keimanan, akhlak, ibadah, nasionalisme, gotong royong dan sebagainya,” ujar Sabaruddin.

Ridwan, selaku Kepala Madrasah yang berlokasi di Desa Berakit Kecamatan Teluk Sebong ini mengucap syukur pada tahun ini dapat melaksanakan pesantren kilat di tengah pandemi Covid-19. Mengingat Kabupaten Bintan sudah tidak berada di zona bahaya penularan Covid-19.

“Saya berharap dengan terlaksananya pesantren kilat ini para siswa/i dapat mengerti dan memahami penerapan nilai agama dan penguatan pendidikan karakter  melalui materi-materi yang telah disampaikan,” harapnya. (yani/amilia)


 

122

Berita Terkait