Selasa 20 Oktober 2020

Berita

Menyorot Penampilan Kafilah Bintan di Masing-Masing Arena Hari Pertama Perlombaan MTQ ke- VIII Kepri

21-09-2020


* Menyorot Penampilan Kafilah Bintan di Masing-Masing Arena Hari Pertama Perlombaan MTQ ke- VIII Kepri

(Kemenag Bintan) – Minggu pagi (20/09/2020), setelah menyaksikan penyambutan Wakil Menteri Agama RI, Drs. K.H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si. yang dijadwalkan memberikan Pembinaan Pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan langsung meluncur ke masing-masing Arena Perlombaan MTQ ke- VIII Provinsi Kepulauan Riau untuk menyorot penampilan Kafilah Bintan. Pada hari pertama perlombaan ini, Kafilah Bintan bertanding di 9 Arena MTQ dengan berbagai Cabang Perlombaan.

Pada kunjungan pertama, Humas menuju Arena Mesjid Alfurqan dan Asrama Haji Tanjungpinang. Di Mesjid Alfurqan yang merupakan arena Cabang Tartil, Official Kafilah Bintan yang bertugas adalah Kepala KUA Kecamatan Seri Kuala Lobam, Drs. H. M. Isa Anshory. Dari laporannya terdapat 2 peserta asal Kabupaten Bintan yang berlomba, yaitu Ranza Putra Ranandra dan Salfa Aqila. Pelaksanaan lomba Cabang Tartil berjalan dengan baik sesuai dengan jadwalnya.

Sedangkan Arena Asrama Haji Tanjungpinang yang berdiri tepat di sebelah Mesjid Alfurqan melombakan Cabang Qira’at Murattal Remaja. Dari laporan Official Kafilah Bintan disana, Penyuluh Agama Islam (PAI) PNS, Herman Umar, S.Ag. mengatakan bahwa disana terdapat 2 peserta dari Kafilah Bintan. 2 Peserta tersebut adalah Maulana Muhammad Hanif dan Syifa Anggraini Harahap. Pelaksanaan lomba Cabang Qira’at Remaja ini juga berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwalnya.

Di saat yang sama, Humas mendapatkan laporan dari Official Kafilah Bintan di Arena Gedung Aisyah Sulaiman yang melombakan Syarhil Quran Putri. Dari laporan Kepala KUA Kecamatan Gunung Kijang, H. Muhammad Ridwan, S.Ag., disana sedang tampil Syarhil Putri Kafilah Bintan yang berjumlah 3 orang yaitu, Nurwina Aulia,  Avikah Zackia Putri,  Riana Dwi Astutik.

Tidak lama berselang, Official Kafilah Bintan di Arena Astaka Utama Dataran Gurindam 12, Kepala KUA Kecamatan Teluk Bintan, Mulyadi, S.Ag. juga melaporkan dalam pesan whatsaap nya bahwa Kafilah Bintan untuk Cabang Tilawah Anak-Anak juga sedang bertanding. Pada Cabang ini Kabupaten Bintan diwakili oleh 2 peserta atas nama Nanda Anan Mumtaz dan Yumna Taqqiyah.

Setelah itu, beralih ke Arena selanjutnya yaitu Mesjid Raya Nur Ilahi Dompak yang merupakan tempat perlombaan Cabang Hifzil Quran Golongan 30 Juz. Sesampainya disana, Official Kafilah Bintan yang bertugas, Kepala KUA Kecamatan Bintan Pesisir, Taufiq Qurrahman, S.HI. menyampaikan bahwa pada saat itu sedang istirahat. Ia menambahkan bahwa salah satu Kafilah Bintan telah selesai mengikuti lomba babak penyisihan dengan sistem gugur itu, tinggal 1 orang lagi yang belum. 2 Peserta Cabang Hifzil 30 Juz ini adalah Muhammad Humam Rafi’i dan Rogayah.

Di Arena Aula Mesjid Nur Ilahi sendiri mempertandingkan Cabang Khotil Quran: Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi, Kontemporer. Pada Cabang ini, terdapat 7 peserta dari Kafilah Bintan yaitu Chairoll Ramadan, Asmirna Putri,  Chairil Pratama,  Niken,  Samsidar, Dodi Suprayogi, dan Istahfaro. Official Kafilah yang bertugas pada perlombaan Kaligrafi ini adalah Kepala KUA Kecamatan Toapaya: H. Zainal Nahra, S.Ag. dan Kepala KUA Kecamatan Mantang: Rostam Efendi, S.Ag. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Kesra Pemerintah Kabupaten Bintan.

Seusai dari Arena di pulau Dompak, Humas menuju Gedung Veteran Tanjungpinang yang melombakan Cabang KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Quran). Kabupaten Bintan mengirim 2 peserta pada cabang ini yaitu Reza Dico Pradana, Mahasiswa Jurusan Ushuluddin STAIN SAR Kepri, dan  Puteri Handayani, Mahasiswa Jurusan Hukum UMRAH. `Pada Arena ini mereka didampingi oleh Official Kafilah Bintan yaitu Kasubbag TU Kantor Kemenag Bintan, H. Syahjohan, S.Ag. M,Si. Dan Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Hosni, M.Pd.

Humas melanjutkan liputan ke Arena Mesjid Al Hikmah yang menjadi tempat lomba Cabang Tilawah 1 Juz. Kafilah Bintan yang mengikuti lomba ini terdiri dari 2 orang atas nama Supriadi dan Azzury. Sesampainya disana, Humas disambut oleh Kepala KUA Kecamatan Teluk Sebong sebagai Official Kafilah Bintan, Fadhil Muslimin, S.Ag., M.Pd.I. Fadhil mengatakan bahwa Kafilah Bintan yang sedang tampil saat itu, Azzury adalah peserta nomor urut terakhir pada lomba ini.

Terakhir, Humas menuju Arena Aula MAN Tanjungpinang yang melombakan Cabang Hifzil Quran Golongan 10 Juz. Dari laporan Official Kafilah Bintan yang bertugas disana yaitu Kepala KUA Kecamatan Bintan Timur, Drs. H. Zulfahri menyatakan bahwa jadwal lomba diundur dari semula 08:30 WIB menjadi pukul 13:00 WIB, namun saat itu perlombaan kembali diundur menjadi pukul 14:00 WIB. Peserta yang membawa nama Kabupaten Bintan pada Cabang ini adalah Abdul Syukur dan Musta Dewi Indriani.

Di tempat yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan: Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd juga berada disana untuk melihat bagaimana berjalannya lomba. Erman mengatakan bahwa Kafilah Bintan beserta Official melaksanakan tugasnya dengan lancar dan baik. “Insyaallah mereka telah menampilkan yang terbaik dan harapan saya akan ada Kafilah Bintan yang melaju ke babak final dan menjadi Juara.” Ungkapnya.

Perlombaan masih berlanjut pada hari kedua perlombaan MTQ ke- VIII Kepri. Masih ada Cabang Fahmil Quran,, Qiraat Murattal Dewasa, Hifzil Quran Golongan 5 Juz , Qira'at Mujawwad, dan Cabang Syarhil Putra yang belum turun Arena karena mendapat jadwal pada hari kedua nanti. (amilia)






 

132

Berita Terkait